Penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan menggunakan LKS untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada materi pokok himpunan
Nurrohmatin, Sri (2010) Penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan menggunakan LKS untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada materi pokok himpunan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63511018 _ Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (816kB) | Preview
63511018 _Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (23kB) | Preview
63511018 _Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (134kB) | Preview
63511018 _Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (48kB) | Preview
63511018 _Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (66kB) | Preview
63511018 _Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (12kB) | Preview
63511018 _Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (11kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui 1) penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan menggunakan LKS pada materi pokok himpunan, 2) penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan menggunakan LKS dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII E MTs Al Ma’ruf Kartayuda Blora khususnya pada materi pokok himpunan.
Dalam penelitian ini terbagi menjadi dua tahap yaitu siklus 1 dan siklus 2. Sebelum penelitian, diperlukan data pra siklus dari wawancara dan pemberian tes awal untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah tindakan. Indikator keberhasilan dalam melaksanakan penelitian ini di antaranya adalah rata-rata kelas minimal mencapai 60 dengan ketuntasan klasikal minimal 75%.
Berdasarkan wawancara dan pemberian tes awal pada pra siklus diperoleh data bahwa keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran sebelum menerapkan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan menggunakan LKS hanya 51,79% dan persentase ketuntasan klasikal hanya 53,57% dengan rata-rata kelas sebesar 57,93.
Dari hasil penelitian, pada siklus 1 keaktifan peserta didik mencapai 63,84% dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 60,71% dengan rata-rata 60,15. Sedangkan pada siklus 2 keaktifan peserta didik naik 11,16 poin dari keaktifan sebelumnya menjadi 75% dan persentase ketuntasan klasikal pun naik 17,86 poin menjadi 78,57% dengan rata-rata kelas mencapai 71,44.
Dengan demikian, penerapan streategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan menggunakan LKS dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada materi pokok himpunan peserta didik kelas VII E MTs Al Ma’ruf Kartayuda Blora.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran; Lembar Kerja Siswa (LKS); Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 10 Feb 2015 06:46 |
Last Modified: | 25 Jun 2021 08:49 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3450 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year