Manajemen Program Pendidikan Keterampilan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Wonosobo
Hadiyono, Yusuf (2010) Manajemen Program Pendidikan Keterampilan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Wonosobo. Masters thesis, IAIN Walisongo.
YusufHadiyono_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version
Download (85kB) | Preview
YusufHadiyono_Tesis_Coverdll.pdf - Submitted Version
Download (127kB) | Preview
YusufHadiyono_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version
Download (55kB) | Preview
YusufHadiyono_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version
Download (135kB) | Preview
YusufHadiyono_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version
Download (24kB) | Preview
YusufHadiyono_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (22kB) | Preview
Abstract
Program pendidikan keterampilan adalah program pendidikan yang diselenggarakan pada Madrasah Aliyah (MA) regular dengan muatan kurikulum tambahan berupa program keterampilan yang terstruktur. Konsep dasar penyelenggaraan program keterampilan adalah dalam rangka membekali siswa MA untuk siap bekerja dan menciptakan usaha mandiri. Nyatanya, tidak setiap lulusan program Keterampilan selalu siap bekerja dan dapat menciptakan usaha mandiri setelah lulus. Hal ini merupakan pemborosan sumber daya ekonomi yang sangat besar. Oleh karenanya, penyelenggaraan program keterampilan perlu diarahkan pada manajemen yang berorientasi mutu sehingga lulusan yang dihasilkan bisa berperan aktif dalam kehidupan masyarakat global di masa kini dan masa yang akan datang.
Berangkat dari hal tersebut di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui landasan filosofis penyelenggaraan program keterampilan, pengelolaannya, dan strategi manajerial yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan jasa. Dengan mengambil Fokus penelitian di MAM Wonosobo, berbagai masalah yang terkait dengan manajemen pendidikan keterampilan dikaji untuk mengetahui model manajemen yang dikehendaki yang meliputi kegiatan: perencanaan, pengorganisasian, penempatan sumberdaya, pengarahan, dan pengawasan atau pengendalian. Selanjutnya untuk mengembangkan temuan digunakan pendekatan ilmu manajemen pendidikan.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan. Sedangkan sifatnya kualitatif rasionalistik, di mana karakteristik masing-masing obyek penelitian menjadi satu yang menarik untuk ditelusuri secara mendalam dan menyeluruh. Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan dengan melalului analisis data kualitatif interaktif, yang meliputi teknik reduksi, display data dan verifikasi. Pengujian data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, diskusi teman sejawat, dan triangulasi.
Dari penelitian tersebut diketahui bahwa filosofi penyelenggaraan program keterampilan pada MAM Wonosobo bahwa setiap manusia harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu berkompetisi dalam dunia usaha di era persaingan global dan perdagangan bebas ini. Adapun konsep dasar penyelenggaraannya dimaksudkan untuk memberi bekal kepada para peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu dalam perekonomian, agar memiliki keahlian dalam persaingan dunia kerja.
Melalui penelitian ini diketahui pula bentuk pengelolaan program keterampilan pada MAM Wonosobo meliputi kegiatan-kegiatan: perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan kepemimpinan keorganisasian. Adapun strategi manajemen untuk peningkatan layanan mutu yang dilakukan melalui empat hal yaitu: sosialisasi visi, misi dan tujuan pendidikan; jabaran peningkatan mutu pendidikan; cakupannya; dan sumber-sumber daya pendukung atau penghambatnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Pendidikan Ketrampilan; Madrasah Aliyah |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 02 Dec 2013 08:01 |
Last Modified: | 02 Dec 2013 08:01 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/359 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year