Pengembangan kreativitas anak bidang agama Islam melalui pembelajaran agama Islam pada anak usia dini (studi kasus manajemen kelas di TK Besar Hj Isriati Baiturahman 2)
Amiruddin, Muhammad (2014) Pengembangan kreativitas anak bidang agama Islam melalui pembelajaran agama Islam pada anak usia dini (studi kasus manajemen kelas di TK Besar Hj Isriati Baiturahman 2). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
093111077_coverdll.pdf - Cover Image
Download (1MB) | Preview
093111077_bab1.pdf - Accepted Version
Download (289kB) | Preview
093111077_bab2.pdf - Accepted Version
Download (347kB) | Preview
093111077_bab3.pdf - Accepted Version
Download (170kB) | Preview
093111077_bab4.pdf - Accepted Version
Download (262kB) | Preview
093111077_bab5.pdf - Accepted Version
Download (93kB) | Preview
093111077_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (98kB) | Preview
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu pentingnya pengembangan potensi dan bakat anak, sehingga kreativitas anak dapat tumbuh dan berkembang guna pembentukan anak yang mandiri, maka upaya pengembangan pun dilakukan, baik di lingkungan keluarga maupun di sekolah. Hal ini diawali dengan diterapkannya manajemen kelas yang mengacu pada individu anak sejak dini. Ini dibuktikan dengan mulai diaplikasikannya kurikulum berbasis kompetensi yang terkait dengan pendekatan pengembangan pribadi. Karena standar kompetensi yang dikembangkan berkenaan dengan pribadi peserta didik. Dipilihnya TK Besar Hj Isriati Baiturahman 2 sebagai lokasi penelitian tentang manajemen kelas yang berorientasi pada pengembangan kreativitas anak, memiliki alasan yang kuat, di antaranya: pertama, proses pembelajaran yang diterapkan mendorong anak didik untuk lebih aktif dan kreatif, anak didik diberi kesempatan untuk mengungkapkan idenya dan guru berperan sebagai mediator. Kedua, TK Besar Hj Isriati Baiturahman 2 merupakan salah satu TK Islam unggulan yang memiliki konsep pendidikan dengan meramu ilmu pengetahuan teknologi, agama, seni dan budaya secara terpadu dengan mengembangkan berbagai kecerdasan IQ (Intelligence Quotient), EI (Emotional Intelligence), CQ (Creativity Quotient), dan SQ (Spiritual Quotient).
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengembangan kreativitas anak di TK Besar Hj.Isriati Baiturahman 2? (2) Bagaimana pelaksanaan manajemen kelas yang berorientasi pada pengembangan kreativitas anak?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan jenis penelitiannya adalah studi kasus (case study), yaitu penelitian yang berusaha memberikan gambaran yang terperinci dengan tekanan pada situasi keseluruhan mengenai proses atau urut-urutan suatu kejadian. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan pendekatan deduktif dan pendekatan induktif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan kreativitas anak di TK Besar Hj.Isriati Baiturahman 2 bertumpu pada kreativitas anak. Kreativitas merupakan hal penting dalam kehidupan, karena dengan kreativitas anak dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Untuk itu, kreativitas anak perlu dirangsang perkembangannya sejak dini, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Pengembangan kreativitas anak di TK Hj. Isriyati Baiturahman 2 dilaksanakan secara berkesinambungan, baik dalam proses belajar mengajar maupun kegiatan ekstrakurikuler. Dalam pengembangan kreativitas anak, TK Hj. Isriyati Baiturahman 2 menerapkan pola pengembangan yang memperhatikan dasar-dasar pendidikan Islam (keimanan dan akhlak) dan juga prinsip-prinsip psikologi anak. Hal ini direalisasikan dengan penerapan strategi yang memperhatikan aspek pribadi anak dan lingkungan. (2) Pelaksanaan manajemen kelas di TK Besar Hj.Isriati Baiturahman 2 berorientasi pada guru sebagai pengelola kelas bertanggung jawab terhadap situasi dan kondisi kelas. Guru harus dapat menggali kreativitas anak dan juga mengembangkannya, sehingga kelak akan berdampak pada masa mendatang. Anak pada dasarnya memiliki imajinasi dan daya cipta yang sangat tinggi, guru tinggal menciptakan kondisi di mana daya kreativitas siswa dapat diekspresikan dengan penuh makna, untuk itu di TK Hj. Isriati Baiturahman 2 Guru sebagai pengelola kelas bertanggung jawab terhadap situasi dan kondisi kelas. Guru harus dapat menggali kreativitas anak dan juga mengembangkannya, sehingga berdampak pada masa mendatang. Anak pada dasarnya memiliki imajinasi dan daya cipta yang sangat tinggi, guru tinggal menciptakan kondisi di mana daya kreativitas siswa dapat diekspresikan dengan penuh makna, untuk itu di TK Hj. Isriati Baiturahman 2 diterapkan manajemen kelas yang berorientasi pada pengembangan kreativitas anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Mursid, M.Ag.; Agus Sutiono, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas anak usia dini; Pembelajaran agama Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 23 Mar 2015 06:41 |
Last Modified: | 23 Mar 2015 09:30 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3732 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year