Azis, Fahrur (2009) Efektivitas model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan fungsi kuadrat. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_3104261_Fahrur_Azis]
Preview
Text (SKRIPSI_3104261_Fahrur_Azis)
3104261 _ Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 3104261 _ Bab 1.pdf]
Preview
Text
3104261 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 3104261 _ Bab 2.pdf]
Preview
Text
3104261 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 3104261 _ Bab 3.pdf]
Preview
Text
3104261 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 3104261 _ Bab 4.pdf]
Preview
Text
3104261 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 3104261 _ Bab 5.pdf]
Preview
Text
3104261 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 3104261 _ Bibliography.pdf]
Preview
Text
3104261 _ Bibliography.pdf - Bibliography

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil lebih efektif daripada pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAN Semarang 1 Tahun Ajaran 2009/2010, pada pengambilan sampel digunakan metode cluster random sampling, diperoleh kelas X.5 sebagai kelas eksperimen dan X.3 sebagai kelas kontrol, dan X.4 sebagai kelas uji coba. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, pada desain penelitian peneliti membandingkan subjek yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (kelas kontrol).
Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode dokumentasi dan metode tes. Dari metode dokumentasi diperoleh data-data mengenai kelas eksperimen, kelas kontrol dan kelas uji coba. Tes diberikan sebelum perlakuan (pre test) dan sesudah perlakuan (post test), tes tersebut diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sebelum tes akhir tersebut diberikan, terlebih dahulu tes diuji validitas, reliabilitas, tingat kesukaran, dan daya beda pada kelas uji coba.
Sebelum hasil penelitian dianalisis dengan uji-t, terlebih dahulu tes tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian diperoleh t = 4.824 > t = t = 1.66 dengan α = 5% yang berarti Ho ditolak dan H1diterima. Diperoleh rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil sebesar 70.05, sedangkan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional sebesar 56.87. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kelompok eksperimen berbeda secara signifikan dengan hasil belajar kelompok kontrol. Dengan kata lain model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil lebih efektif daripada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada pada materi pokok Fungsi Kuadrat.
Disarankan bagi guru agar dapat mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil. Bagi peneliti lain dapat melakukan penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan dari penelitian ini, sehingga kesimpulan yang diperoleh dapat digunakan untuk menggeneralisasikan ke populasi yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Tutor sebaya; Hasil belajar; Fungsi Kuadrat; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 08 Apr 2015 06:00
Last Modified: 26 Jun 2021 07:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3879

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics