Efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 5E (LC5E) pada materi ekosistem terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu

Ulya, Lia (2014) Efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 5E (LC5E) pada materi ekosistem terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 103811015_Coverdll.pdf]
Preview
Text
103811015_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (381kB) | Preview
[thumbnail of 103811015_Bab1.pdf]
Preview
Text
103811015_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 103811015_Bab2.pdf]
Preview
Text
103811015_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (501kB) | Preview
[thumbnail of 103811015_Bab3.pdf]
Preview
Text
103811015_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 103811015_Bab4.pdf]
Preview
Text
103811015_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 103811015_Bab5.pdf]
Preview
Text
103811015_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 103811015_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
103811015_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 103811015_Lampiran1.pdf]
Preview
Text
103811015_Lampiran1.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 103811015_Lampiran2.pdf]
Preview
Text
103811015_Lampiran2.pdf - Supplemental Material

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E (LC5E) pada materi ekosistem efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII M.Ts NU 05 Sunan Katong Kaliwungu.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode ekperimental. Jenis metode eksperimen yang digunakan adalah eksperimen murni (true experimental), dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII M.Ts NU 05 Sunan Katong Kaliwungu. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling, sehingga dalam penelitian ini diperoleh kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIID sebagai kelas kontrol. Kelas VIIB terdiri dari 35 peserta didik dan kelas VIID terdiri dari 34 peserta didik. Dalam penelitian ini kedua kelompok diberi tes awal (pre-test) untuk mengetahui keadaan awal. Selanjutnya pada kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran IPA Terpadu (biologi) materi Ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Sedangkan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai, kedua kelompok diberi post-test yang sama. Post-test inilah yang digunakan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi ekosistem efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII M.Ts NU 05 Sunan Katong Kaliwungu.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh gambaran umum dan data peserta didik. Untuk mendapatkan data yang obyektif terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen meliputi pengujian validitas, reabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran.
Data hasil penelitian yang telah terkumpul,dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t. Uji t yang digunakan dalam penelitian adalah uji t pihak kanan. Berdasarkan perhitungan uji t dengan taraf signifikansi 5 % diperoleh thitung = 2,031 dan ttabel = 1,671. Karena thitung > ttabel, maka signifikan dan hipotesis yang diajukan dapat diterima. Artinya rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih dari atau tidak sama dengan rata-rata hasil belajar kelompok kontrol. dan kemudian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi ekosistem di M.Ts NU 05 Sunan Katong Kaliwungu.
Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi ataupun masukan bagi guru maupun calon guru bahwa hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Learning Cycle 5E (LC5E); Hasil belajar; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 577 Ecology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 07 Apr 2015 07:44
Last Modified: 22 May 2021 02:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3886

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics