Efektivitas metode pembelajaran inquiry dan discovery berbantuan alat peraga jaring-jaring balok dan kubus terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV MI Al Khoiriyyah 2 Semarang semester genap tahun ajaran 2013/2014

Salamah, Zulfa (2014) Efektivitas metode pembelajaran inquiry dan discovery berbantuan alat peraga jaring-jaring balok dan kubus terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV MI Al Khoiriyyah 2 Semarang semester genap tahun ajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 103911090_coverdll.pdf]
Preview
Text
103911090_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 103911090_bab1.pdf]
Preview
Text
103911090_bab1.pdf - Accepted Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 103911090_bab2.pdf]
Preview
Text
103911090_bab2.pdf - Accepted Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 103911090_bab3.pdf]
Preview
Text
103911090_bab3.pdf - Accepted Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 103911090_bab4.pdf]
Preview
Text
103911090_bab4.pdf - Accepted Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 103911090_bab5.pdf]
Preview
Text
103911090_bab5.pdf - Accepted Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 103911090_bibliografi.pdf]
Preview
Text
103911090_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (59kB) | Preview

Abstract

Peserta didik di MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang sering kali merasakan kesulitan dalam memahami materi jaring-jaring balok dan kubus, membedakan antara jaring-jaring yang benar dan yang salah, peserta didik cenderung rame bermain sendiri dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, dan selama ini guru belum bisa mengoptimalkan penggunaan media. sebagian siswa tidak mampu mencapai standar nilai KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 65, nilai rata-ratanya hanya mencapai 63.permasalahan pada penelitian ini adalah apakah penggunaan metode pembelajaran inquiry dan discovery berbantuan alat peraga jaring-jaring balok dan kubus efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang semester genap tahun ajaran 2013/ 2014?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode inquiry dan discovery berbantuan alat peraga jaring-jaring balok dan kubus terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang.
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian eksperimen dengan desain “Post Test-only control design” yang dilaksanakan di kelas IV A MI Al Khoiriyyah 2 Semarang. Madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan data keadaan peserta didik. Datanya diperoleh dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Sebelum diberi perlakuan terlebih dahulu dilakukan uji keseimbangan yaitu uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata dengan menggunakan nilai UAS semester gasal tahun ajaran 2013/2014. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran inquiry dan discovery berbantuan alat peraga jaring-jaring balok dan kubus dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data didapat, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Kemudian data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: rata-rata hasil belajar pada materi pokok balok dan kubus peserta didik kelas IV MI Al Khoiriyyah 2 Semarang dengan metode inquiry dan discovery berbantuan alat peraga jaring-jaring balok dan kubus adalah sebesar 79.00. Sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik dengan metode konvensional sebesar 65,00. Sehingga dapat disimpulkan nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Pada uji perbedaan dua rata-rata uji satu pihak memberikan hasil = 2,29 dan , dengan demikian > , maka ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Lulu Choirun Nisa, S. Si., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 May 2015 03:09
Last Modified: 30 May 2015 03:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4090

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics