Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penggunaan media jam pada materi pengukuran waktu kelas II MI NU 16 Kaligading Boja Kendal tahun pelajaran 2014/2015

Endarwati, Endarwati (2014) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penggunaan media jam pada materi pengukuran waktu kelas II MI NU 16 Kaligading Boja Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of 133911030_coverdll.pdf]
Preview
Text
133911030_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (690kB) | Preview
[thumbnail of 133911030_bab1.pdf]
Preview
Text
133911030_bab1.pdf - Accepted Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 133911030_bab2.pdf]
Preview
Text
133911030_bab2.pdf - Accepted Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 133911030_bab3.pdf]
Preview
Text
133911030_bab3.pdf - Accepted Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 133911030_bab4.pdf]
Preview
Text
133911030_bab4.pdf - Accepted Version

Download (398kB) | Preview
[thumbnail of 133911030_bab5.pdf]
Preview
Text
133911030_bab5.pdf - Accepted Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 133911030_bibliografi.pdf]
Preview
Text
133911030_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas ii mi nu 16 kaligading. berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan pada pembelajaran sebelum diadakan penelitian, guru kelas II hanya menggunakan model pembelajaran ceramah dalam menyampaikan materi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media jam dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas II MI NU 16 Kaligading pada materi pengukuran waktu.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui penggunaan media jam. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II MI NU 16 Kaligading sejumlah 22 siswa.
Sebelum diadakan perbaikan pembelajaran, ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran pra siklus adalah 45,45%. Setelah diadakan perbaikan pembelajaran siklus I, ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 68,18% namun masih belum sesuai persyaratan yang diharapkan. Pada perbaikan pembelajaran siklus II, ketuntasan belajar siswa menjadi 90,91%.. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penggunaan media jam dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi pengukuran waktu pada siswa kelas II MI NU 16 Kaligading.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Matematika; Media pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 May 2015 03:12
Last Modified: 19 Feb 2022 02:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4092

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics