Penerapan metode numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap materi pokok bagian-bagian tubuh hewan pada siswa kelas 2 semester 1 MI Miftahussalam 2 Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak

Khamidah, Khamidah (2014) Penerapan metode numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap materi pokok bagian-bagian tubuh hewan pada siswa kelas 2 semester 1 MI Miftahussalam 2 Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 133911133_coverdll.pdf]
Preview
Text
133911133_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (567kB) | Preview
[thumbnail of 133911133_bab1.pdf]
Preview
Text
133911133_bab1.pdf - Accepted Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 133911133_bab2.pdf]
Preview
Text
133911133_bab2.pdf - Accepted Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 133911133_bab3.pdf]
Preview
Text
133911133_bab3.pdf - Accepted Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 133911133_bab4.pdf]
Preview
Text
133911133_bab4.pdf - Accepted Version

Download (336kB) | Preview
[thumbnail of 133911133_bab5.pdf]
Preview
Text
133911133_bab5.pdf - Accepted Version

Download (100kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Numbered Head Together yang penyajiannya menggunakan gambar dan LCD. Kajiannya di latar belakangi dengan masih rendahnya dalam perolehan nilai rata-rata kelas dibanding dengan mata pelajaran yang lain dan selalu dibawah KKM 70.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan Apakah penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dengan media gambar dan LCD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bagian-bagian tubuh dan cara gerak hewan.
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Miftahussalam 2 Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak.
Data yang diperoleh dengan tes, lembar kerja, dan pengamatan peserta didik. Data tersebut, diolah untuk menggambarkan keadaan peningkatan belajar siswa.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus yang terdiri dari beberapa langkah, yaitu : perencanaan, pelaksanan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan metode pembelajaran Numbered Head Together dengan media gambar dan LCD dapat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya materi pokok bagian-bagian tubuh hewan. Adapun hasil dari penelitian tindakan kelas sangat meningkat hingga 76,57% dari hasil sebelumnya 50%.
Untuk meningkatkan prestasi belajar pada materi pembelajaran kepada siswa, hendaknya guru mengembangkan media pembelajaran dan menggunakan dengan optimal, tepat, kongkrit, nyata serta bervariasi, sehingga siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti pembealajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Wirda Udaibah, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Model pembelajaran; Sains untuk sekolah dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 May 2015 04:39
Last Modified: 30 May 2015 04:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4093

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics