Peningkatan kemampuan mendengar dan menulis melalui strategi listening teams pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi cerita di kelas V MI Johorejo Gemuh Kendal tahun pelajaran 2014/2015

Amar, Saiful (2014) Peningkatan kemampuan mendengar dan menulis melalui strategi listening teams pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi cerita di kelas V MI Johorejo Gemuh Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of 133911146_coverdll.pdf]
Preview
Text
133911146_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (626kB) | Preview
[thumbnail of 133911146_bab1.pdf]
Preview
Text
133911146_bab1.pdf - Accepted Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 133911146_bab2.pdf]
Preview
Text
133911146_bab2.pdf - Accepted Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 133911146_bab3.pdf]
Preview
Text
133911146_bab3.pdf - Accepted Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 133911146_bab4.pdf]
Preview
Text
133911146_bab4.pdf - Accepted Version

Download (726kB) | Preview
[thumbnail of 133911146_bab5.pdf]
Preview
Text
133911146_bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 133911146_bibliografi.pdf]
Preview
Text
133911146_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi kemampuan mendengar dan menulis masih rendah, terutama siswa kelas V MI Johorejo Gemuh Kendal dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Evaluasi pembelajaran mendengar dan menulis yang dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2013 ternyata hanya 59% atau 19 siswa mendapat nilai kurang dari 70 dari jumlah siswa sebanyak 34 siswa, berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti ternyata peserta didik banyak yang kurang semangat seperti bicara sendiri, ngantuk dan kurang antusias dalam bertanya. Beberapa asumsi kurang minatnya peserta didik pada pelajaran tersebut dikarenakan guru yang mengajarkan kurang variatif dalam menerapkan model pembelajaran, Menghadapi masalah tersebut sebagai guru wajib mencari solusi yang tepat, salah satunya adalah menggunakan metode listening teams
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Apakah strategi listening teams dapat meningkatkan kemampuan mendengar pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi cerita di kelas V MI Johorejo Gemuh Kendal Tahun Pelajaran 2014/2015? 2) Apakah strategi listening teams dapat meningkatkan kemampuan menulis pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi cerita di kelas V MI Johorejo Gemuh Kendal Tahun Pelajaran 2014/2015?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus, tiap siklusnya tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi listening teams dapat meningkatkan kemampuan mendengar pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi cerita di kelas V MI Johorejo Gemuh Kendal Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat di lihat dari hasil pra siklus ada 13 siswa atau 38% mengalami kenaikan pada siklus I yaitu ada 20 siswa atau 58% dan pada siklus II ada 30 siswa atau 88%, kemampuan psikomotorik siswa pada pra siklus ada 14 siswa atau 41% mengalami kenaikan pada siklus I yaitu ada 22 siswa atau 65% dan pada siklus II ada 31 siswa atau 91%.sedangkan siswa keaktifan belajar siswa tiap siklusnya dimana pada siklus I ada 19 siswa atau 56% mengalami kenaikan pada siklus II yaitu ada 31 siswa atau 91%, ini berarti indikator yang ditetapkan yaitu 80% ke atas terpenuhi. 2) Strategi listening teams dapat meningkatkan kemampuan menulis pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi cerita di kelas V MI Johorejo Gemuh Kendal Tahun Pelajaran 2014/2015 hal ini dapat di lihat dari hasil pra siklus 14 siswa atau 41% mengalami kenaikan pada siklus I yaitu 21 siswa atau 62% dan pada siklus II ada 30 siswa atau 88%, hasil tersebut sudah mencapai indikator yang ditentukan yaitu dengan KKM 70 sebanyak 80%

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Bahasa Indonesia; Kemampuan menulis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 May 2015 04:50
Last Modified: 15 Dec 2021 10:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4104

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics