Peningkatan hasil belajar matematika materi operasi perkalian bilangan bulat dengan metode everyone is a teacher here (ETH) siswa kelas V MI Ma’hadul Ulum Mutih Wetan Wedung Demak tahun 2014
Ermawan, Ah. Faiq (2014) Peningkatan hasil belajar matematika materi operasi perkalian bilangan bulat dengan metode everyone is a teacher here (ETH) siswa kelas V MI Ma’hadul Ulum Mutih Wetan Wedung Demak tahun 2014. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo.
133911156_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (393kB) | Preview
133911156_bab1.pdf - Accepted Version
Download (235kB) | Preview
133911156_bab2.pdf - Accepted Version
Download (327kB) | Preview
133911156_bab3.pdf - Accepted Version
Download (190kB) | Preview
133911156_bab4.pdf - Accepted Version
Download (266kB) | Preview
133911156_bab5.pdf - Accepted Version
Download (80kB) | Preview
133911156_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (138kB) | Preview
Abstract
Skripsi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V semester 1 tahun pelajaran 2014/2015 MI Ma’hadul Ulum Mutih Wetan kecamatan Wedung Kabupaten Demak mata pelajaran matematika tentang operasi bilangan bulat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan respon siswa mengenai pembelajaran Matematika serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman operasi bilangan bulat setelah pembelajaran Matematika dengan metode Pembelajaraan Kooperatif Tipe ETH. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, observasi dan tes.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah model pembelajaran kooperatif tipe ETH dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Ma’hadul Ulum Mutih Wetan pada mata pelajaran matematika materi pokok operasi perkalian bilangan bulat di semester 1 tahun pelajaran 2014/2015.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan metode Pembelajaraan Kooperatif Tipe ETH secara umum berlangsung kondusif, siswa menunjukkan respon positif, serta terdapat peningkatan kemampuan pemahaman operasi perkalian bilangan bulat pada setiap siklus selama penelitian berlangsung. Peningkatan kemampuan pemahaman operasi perkalian bilangan bulat tersebut dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar dan ketuntasan siswa setiap siklus. Pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 72 dan ketuntasan belajar 76%, pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 77 dan ketuntasan belajar 94%.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan guru dapat menerapkan metode Pembelajaraan Kooperatif Tipe ETH dengan perencanaan dan pelaksanaan yang baik agar kemampuan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Matematika untuk sekolah dasar; Metode Pembelajaran; Hasil belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 30 May 2015 05:32 |
Last Modified: | 19 Feb 2022 02:47 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4107 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year