Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika materi pecahan menggunakan metode tutor sebaya di kelas V MI Nahdlatussubban Ploso Karang Tengah Demak semester 1 tahun pelajaran 2014/2015

Sya'adah, Lihatus (2014) Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika materi pecahan menggunakan metode tutor sebaya di kelas V MI Nahdlatussubban Ploso Karang Tengah Demak semester 1 tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 133911171_coverdll.pdf]
Preview
Text
133911171_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (493kB) | Preview
[thumbnail of 133911171_bab1.pdf]
Preview
Text
133911171_bab1.pdf - Accepted Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 133911171_bab2.pdf]
Preview
Text
133911171_bab2.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 133911171_bab3.pdf]
Preview
Text
133911171_bab3.pdf - Accepted Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 133911171_bab4.pdf]
Preview
Text
133911171_bab4.pdf - Accepted Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 133911171_bab5.pdf]
Preview
Text
133911171_bab5.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 133911171_bibliografi.pdf]
Preview
Text
133911171_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi situasi yang terjadi di kelas V MI Nahdlatussubban Ploso Karang Tengah Demak ketika melakukan pembelajaran matematika masih mengandalkan pola klasikal sehingga siswa hanya diajar dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan latihan soal sehingga kemampuan siswa menjadi tidak merata dan menjadi pasif, mengatasi masalah tersebut maka seorang guru hendaknya mencoba metode tutor sebaya merupakan bimbingan pembelajaran dalam bentuk pemberian bimbingan, bantuan, petunjuk, arahan dan motivasi agar para siswa belajar secara efektif dan efisien.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana penerapan metode tutor sebaya pada mata pelajaran matematika materi pecahan di kelas V MI Nahdlatussubban Ploso Karang Tengah Demak semester 1 tahun pelajaran 2014/2015? 2) Adakah peningkatan hasil belajar siswa kelas V MI Nahdlatussubban Ploso Karang Tengah Demak semester 1 tahun pelajaran 2014/2015 pada mata pelajaran matematika materi pecahan menggunakan metode tutor sebaya?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode tutor sebaya pada mata pelajaran matematika materi pecahan di kelas V MI Nahdlatussubban Ploso Karang Tengah Demak semester 1 tahun pelajaran 2014/2015 dilakukan dengan guru memulai pembelajaran dengan do’a bersama, dilanjutkan dengan menerangkan materi dan pembentukan kelompok, pada siklus II keterangan materi ditambah dengan menggunakan media pembelajaran berupa gambar, setelah menerangkan materi guru menyuruh belajar kelompok untuk membahas materi atau menyelesaikan tugas LKS dengan beberapa siswa menjadi tutor di dalam kelompok, setelah selesai belajar kelompok, guru menyuruh kelompok untuk presentasi dan mempersilahkan kelompok lain mengomentari, terakhir guru mengklarifikasi, memberikan soal dan menutup pembelajaran dengan do’a besama. 2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas V MI Nahdlatussubban Ploso Karang Tengah Demak semester 1 tahun pelajaran 2014/2015 pada mata pelajaran matematika materi pecahan menggunakan metode tutor sebaya, hal dapat di lihat dari peningkatan hasil belajar per siklus dimana pada metode ceramah dan tanya jawab ketuntasan hanya 12 siswa atau 43% dengan rata-rata nilai 61.1 setelah menggunakan metode tutor sebaya pada siklus I menjadi 18 siswa atau 64% dengan rata-rata nilai 71.1 dan diperbaiki lagi pada siklus II ketuntasan sudah mencapai 25 siswa atau 89% dengan rata-rata nilai 80.71.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Kristi Liani Purwanti, S. Si., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Pelajaran matematika; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 08 Jun 2015 06:05
Last Modified: 08 Jun 2015 06:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4119

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics