Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok menentukan FPB dan KPK dengan menggunakan teknik faktorisasi prima pada siswa kelas V MI NU 05 Tamangede Gemuh Kendal tahun pelajaran 2014/2015
Juyanah, Juyanah (2014) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok menentukan FPB dan KPK dengan menggunakan teknik faktorisasi prima pada siswa kelas V MI NU 05 Tamangede Gemuh Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo.
133911192_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (555kB) | Preview
133911192_bab1.pdf - Accepted Version
Download (105kB) | Preview
133911192_bab2.pdf - Accepted Version
Download (342kB) | Preview
133911192_bab3.pdf - Accepted Version
Download (41kB) | Preview
133911192_bab4.pdf - Accepted Version
Download (233kB) | Preview
133911192_bab5.pdf - Accepted Version
Download (30kB) | Preview
133911192_biblikografi.pdf - Bibliography
Download (132kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini mengkaji upaya peningkatan hasil belajar mata pelajaran matematika pada kelas V MI NU 05 Tamangede Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya hasil belajar. Dalam penelitian ini ditawarkan penggunaan metode model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika materi pokok menentukan FPB dan KPK dengan menggunakan teknik faktorisasi prima.
Rumusan permasalahan yang dimunculkan adalah ”Apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi menentukan FPB dan KPK dengan menggunakan teknik faktorisasi prima tahun pelajaran 2014/2015 pada siswa kelas V MI NU 05 Tamangede Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal?”
Permasalahan tersebut dikaji dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Metode pengumpulan data memakai teknik dokumentasi, observasi, dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran Matematika materi pokok menentukan FPB dan KPK dengan menggunakan teknik faktorisasi prima dengan indikator meningkatnya nilai rata-rata kelas dari 46,82 pada pra siklus, 66,13 pada siklus 1, dan 79,32 pada siklus 2. Begitu juga dengan ketuntasan klasikal yang juga mengalami peningkatan dari 27,27% pada pra siklus, 50% pada siklus 1, dan 86,37% pada siklus 2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Hasil belajar; Matematika untuk sekolah dasar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 17 Jun 2015 08:56 |
Last Modified: | 19 Feb 2022 07:39 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4135 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year