Penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi benda dan sifatnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 MI Miftahul Athfal Wonorejo Kecamatan Guntur Kabupaten Demak tahun pelajaran 2014/2015
Ngadenan, Ngadenan (2014) Penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi benda dan sifatnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 MI Miftahul Athfal Wonorejo Kecamatan Guntur Kabupaten Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
133911198_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
133911198_bab1.pdf - Accepted Version
Download (90kB) | Preview
133911198_bab2.pdf - Accepted Version
Download (98kB) | Preview
133911198_bab3.pdf - Accepted Version
Download (74kB) | Preview
133911198_bab4.pdf - Accepted Version
Download (91kB) | Preview
133911198_bab5.pdf - Accepted Version
Download (11kB) | Preview
133911198_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (11kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Miftahul Athfal Wonorjo Kecamatan Guntur Kabupaten Demak ditemukan adanya beberapa permasalahan, antara lain penggunaan metode atau pendekatan yang kurang tepat, sehingga siswa kurang aktif dan hasil belajar kurang maksimal. Hal tersebut yang menjadi alasan peneliti menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Pendekatan CTL adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan dunia nyata sehingga dapat mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari sebagai anggota keluarga dan masyarakat.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa penerapan pendekatan CTL pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas II semester 1 materi benda dan sifatnya pada MI Miftahul Athfal Wonorejo ini sangat bermanfaat. Hal ini terbukti ada peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas II materi benda dan sifatnya melalui penerapan pendekatan CTL pada MI Miftahul Athfal Wonorejo Guntur Demak. Pada pra siklus ketuntasan belajar 36,36 % dengan rata-rata kelas 63,70, dan mengalami kenaikan ketuntasan belajar pada siklus I 60,61% dengan rata-rata kelas 70,58 , sedangkan pada siklus II 90,91% dengan rata-rata kelas 77,76. Hasil ini menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas mencapai indikator ketuntasan yang ditentukan yaitu ketuntasan di atas 75%. Dengan demikian, pembelajaran dengan penerapan CTL dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas serta pemahaman siswa terhadap mata pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Daenuri Anwar, M. Si. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Sains untuk sekolah dasar; Hasil belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 17 Jun 2015 10:21 |
Last Modified: | 17 Jun 2015 10:21 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4145 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year