Peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi melalui media gambar seri di semester gasal kelas 5 MI Islamiyah Desa Bulusari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak tahun 2014
Nafidzah, Nurun (2014) Peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi melalui media gambar seri di semester gasal kelas 5 MI Islamiyah Desa Bulusari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak tahun 2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
133911202_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (416kB) | Preview
133911202_bab1.pdf - Accepted Version
Download (97kB) | Preview
133911202_bab2.pdf - Accepted Version
Download (154kB) | Preview
133911202_bab3.pdf - Accepted Version
Download (91kB) | Preview
133911202_bab4.pdf - Accepted Version
Download (164kB) | Preview
133911202_bab5.pdf - Accepted Version
Download (18kB) | Preview
133911202_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (17kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan peserta didik MI Islamiyah Bulusari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak pada materi menulis karangan narasi, peserta didik masih kesulitan untuk menuangkan ide dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Oleh karena itu, peneliti melakukan tindakan dengan meenerapkan media gambar seri untuk peningkatan keterampilan menulis karangan narasi. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui penggunaan media gambar seri dapat meningkatan kemampuan menulis karangan narasi peserta didik kelas V di MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak Tahun Pelajaran 2014/2015
Subjek penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas V MI Islamiyah Bulusari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2014/2015, dengan jumlah peserta didik sebanyak 25 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting).
Hasil penelitian menjelaskan bahwa media gambar seri dapat peningkatan keterampilan menulis karangan narasi peserta didik kelas V MI Islamiyah Bulusari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Hal itu terlihat dari data observasi aktivitas peserta didik siklus I memperoleh persentase sebesar 52,2% kemudian siklus II meningkat menjadi 75,5%. Pada observasi keterampilan guru siklus I memperoleh persentase sebesar 70,45 % siklus II meningkat menjadi 84,1 %. Untuk hasil keterampilan menulis karangan narasi peserta didik siklus I memperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 62,67%. Siklus II persentase ketuntasan belajar sebesar sebesar 77,8%.
Kata kunci: menulis, karangan narasi, gambar seri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pmbimbing: Muhammad Nafi Annury, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Menulis karangan narasi; Media pembelajaran; Kemampuan menulis |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 19 Jun 2015 07:59 |
Last Modified: | 19 Jun 2015 07:59 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4148 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year