Peningkatan hasil belajar matematika operasi hitung satuan waktu melalui pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada siswa kelas V MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak tahun pelajaran 2014/2015
Anam, Nurul (2014) Peningkatan hasil belajar matematika operasi hitung satuan waktu melalui pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada siswa kelas V MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo.
133911201_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (407kB) | Preview
133911201_bab1.pdf - Draft Version
Download (32kB) | Preview
133911201_bab2.pdf - Accepted Version
Download (173kB) | Preview
133911201_bab3.pdf - Accepted Version
Download (66kB) | Preview
133911201_bab4.pdf - Accepted Version
Download (183kB) | Preview
133911201_bab5.pdf - Accepted Version
Download (11kB) | Preview
133911201_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (17kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode yang digunakan guru matematika di MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak yang belum mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah. Hal ini terlihat dari kesiapan siswa pada saat pembelajaran berlangsung, dan juga hasil belajar siswa MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 60. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan strategi Active Learning Tipe Jigsaw pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung satuan waktu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Islamiyah Bulusari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) pada kelas V Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Bulusari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Dalam penelitian ini digunakan satu kelas untuk menerapkan strategi Active Learning Tipe Jigsaw dalam pembelajarn matematika materi operasi hitung satuan waktu yaitu kelas V yang berjumlah 25 siswa.
Penelitian dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap siklus I dan siklus II. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan belajar didapatkan nilai belajar 60 % dan rata rata tes akhir 52,8. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus II hasil belajar siswa terjadi peningkatan, dari 60% meningkat menjadi 76% dan rata-rata tes akhir siswa meningkat menjadi 66,6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika khususnya materi operasi hitung satuan waktu melalui strategi Active Learning Tipe Jigsaw. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil beljar siswa dalam pembelajaran siklus I dan siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran koopatif; Hasil belajar; Matematika untuk sekolah dasar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 19 Jun 2015 08:01 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 10:49 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4149 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year