Penerapan model pembelajaran kooperatif make a match untuk meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik kelas II MI NU 18 Weleri Kabupaten Kendal pada materi penjumlahan tahun pelajaran 2014/2015
Munfaridah, Sri (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif make a match untuk meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik kelas II MI NU 18 Weleri Kabupaten Kendal pada materi penjumlahan tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
133911211_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (617kB) | Preview
133911211_bab1.pdf - Accepted Version
Download (233kB) | Preview
133911211_bab2.pdf - Accepted Version
Download (291kB) | Preview
133911211_bab3.pdf - Accepted Version
Download (419kB) | Preview
133911211_bab4.pdf - Accepted Version
Download (453kB) | Preview
133911211_bab5.pdf - Accepted Version
Download (169kB) | Preview
133911211_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (119kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan Penjumlahan siswa kelas II MI NU 18 Weleri tahun pelajaran 2014/2015 dengan model pembelajaran make a match.
Penelitian ini mengunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik kelas II MI NU 18 Weleri Kendal. Dalam penelitian ini, peneliti mengunakan satu kelas untuk menerapkan model pembelajaran make a match yaitu kelas II yang jumlahnya 18 peserta didik yang terdiri dari 9 putra dan 9 putri. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi dari masing-masing siklus. Data yang terkumpul dianalisis diskriptif sederhana.
Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Penerapan model pembelajaran make a match khususnya pada materi penjumlahan mengalami dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas II MI NU 18 Weleri yang ditandai dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik yaitu dari prasiklus dengan nilai rata-rata 65 dengan ketuntasan belajar klasikal 25,92%, meningkat menjadi 76,1 dengan ketuntasan belajar klasikal 61,11% pada siklus I, dan pada siklus II rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi 79,44 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 100%.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, orang tua) untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Mujiasih, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Matematika untuk sekolah dasar; Hasil belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 19 Jun 2015 08:55 |
Last Modified: | 19 Jun 2015 08:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4157 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year