Metakognisi peserta didik dalam memecahkan masalah matematika di kelas XI SMA NU 01 Al Hidayah Kendal

Parju, Khoirul Rohmah Safitri (2014) Metakognisi peserta didik dalam memecahkan masalah matematika di kelas XI SMA NU 01 Al Hidayah Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_103511012_Khoirul_Rohmah_Safitri_Parju]
Preview
Text (SKRIPSI_103511012_Khoirul_Rohmah_Safitri_Parju)
103511012_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (496kB) | Preview
[thumbnail of 103511012_bab1.pdf]
Preview
Text
103511012_bab1.pdf - Accepted Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 103511012_bab2.pdf]
Preview
Text
103511012_bab2.pdf - Accepted Version

Download (647kB) | Preview
[thumbnail of 103511012_bab3.pdf]
Preview
Text
103511012_bab3.pdf - Accepted Version

Download (512kB) | Preview
[thumbnail of 103511012_bab4.pdf]
Preview
Text
103511012_bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 103511012_bab5.pdf]
Preview
Text
103511012_bab5.pdf - Accepted Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 103511012_bibliografi.pdf]
Preview
Text
103511012_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (111kB) | Preview

Abstract

Metakognisi berperan sangat penting dalam pembelajaran karena terdapat pengetahuan dan kesadaran berpikir seseorang tentang aktivitas kognitifnya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metakognisi peserta didik dalam memecahkan masalah matematika di kelas XI SMA NU 01 Al-Hidayah Kendal.
Metakognisi adalah kesadaran peserta didik dalam merencanakan, mengontrol dan mengevaluasi proses dan hasil berpikirnya.
Penelitian ini menggunakan data kualitatif yang dideskripsikan untuk mendapat gambaran metakognisi peserta didik dalam masalah matematika. Oleh karena itu penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI yang heterogen. Peserta didik diberikan soal tes kemudian dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu, kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Tiap kelompok diambil 2 subjek untuk diwawancarai guna mendapatkan data yang lebih kredibel. Kemudian data dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan dari masing-masing kelompok.
Berdasarkan hasil pembahasan, diperoleh bahwa peserta didik kemampuan tinggi memiliki metakognisi reflective use, kemampuan sedang memiliki metakognisi strategice use, kemampuan rendah memiliki metakognisi aware use dan tacit use.
Dari hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan bahan masukan tenaga pendidik, kepala sekolah, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan terutama di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Matematika; Metakognisi; Strategi pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 26 Jun 2015 06:39
Last Modified: 29 May 2021 03:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4192

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics