Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran al-Qur’an hadits melalui metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) di kelas VIII-C MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara
Maizun, Evi (2009) Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran al-Qur’an hadits melalui metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) di kelas VIII-C MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105320 _ Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (114kB) | Preview
3105320 _ Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (84kB) | Preview
3105320 _ Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (127kB) | Preview
3105320 _ Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (127kB) | Preview
3105320 _ Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (40kB) | Preview
3105320 _ Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (60kB) | Preview
3105320 _ Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (12kB) | Preview
3105320 _ Bibliographi.pdf - Bibliography
Download (15kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana skenario pembelajaran al-Qurán Hadits di MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara melalui metode cooperative integrated reading and composition (2) Apakah melalui metode cooperative integrated reading and composition dapat meningkatkan hasil belajar al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII-C MTs Nurul Islam Kriyan Jepara Kalinyamatan.
Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik kelas VIII-C MTs. Nurul Islam Kriyan Jepara. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VIII-C pada kondisi awal penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum optimal artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kesiapan dalam pembelajaran dan keaktifan peserta didik menggambarkan semangat untuk mengikuti pembelajaran. Obyek penelitian ini adalah di MTs. Nurul Islam Kriyan Jepara dengan populasi 390 peserta didik yang terdiri dari kelas VII 116 peserta didik, kelas VIII 137 peserta didik, kelas IX 137 peserta didik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) yaitu kelas VIII-C yang jumlahnya ada 33 peserta didik.
Pada penelitian ini, peneliti memperoleh rata-rata hasil belajar dan prosentase ketuntasan belajar peserta didik dengan nilai formatif peserta didik kelas VIII-C pada tahun ajaran 2008/2009 adalah 66,17 dan 65,95%. Kemudian, barulah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, peserta didik menjadi aktif dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan aktivitas belajar peserta didik adalah 59,83% dan rata-rata tes akhir 72,88 dengan prosentase ketuntasan belajar 66,67%. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan evaluasi dan refleksi pelaksanaan tindakan pada siklus II aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dapat diprosentasekan menjadi 76,88 % dan rata-rata tes akhir peserta didik adalah 82,78 sedangkan prosentase ketuntasan belajarnya mencapai 87,87%. Dari tahap-tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dengan sebelumnya. Namun dari penelitian tersebut terdapat peserta didik yang dari tahap siklus I dan siklus II masih mempunyai nilai skor terakhir dan nilai tes akhirnya dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), hal ini disebabkan karena beberapa hal yaitu karena kurang adanya motivasi belajar yang muncul pada diri peserta didik tersebut dan karena memang daya ingat atau tingkat intelektualitas maupun IQ yang rendah.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition). Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, orang tua) untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Dorongan belajar atau motivasi atau semangat belajar juga bisa berasal dari faktor orang tua atau keluarga yang dapat mempengaruhi kondisi psikologi anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Amin Farih, M. Ag.; Drs. Karnadi Hasan, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Metode pembelajaran; Al-Qur’an Hadits; Pembelajaran kooperatif |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 23 Jun 2015 05:53 |
Last Modified: | 23 Jun 2015 05:53 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4256 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year