Implementasi pembelajaran tematik kelas I subtema lingkungan sekolahku di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang tahun pelajaran 2014/2015
Muflihah, Muflihah (2015) Implementasi pembelajaran tematik kelas I subtema lingkungan sekolahku di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113911005.pdf - Accepted Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini dibahas tentang implementasi pembelajaran tematik subtema lingkungan sekolahku kelas I di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang berdasarkan Kurikulum 2013, di dalam skripsi ini dibahas mengenai kegiatan pembelajaran (perencanaan, pelaksanaan, penilaian), problematika dalam pembelajaran tematik dan kelebihan serta kekurangan dalam pembelajaran tematik. Studi ini dimaksud menjawab permasalahan: (1) bagaimana implementasi pembelajaran tematik kelas I subtema lingkungan sekolahku di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang berdasarkan Kurikulum 2013? (2) apa saja problematika yang dihadapi dalam pembelajaran tematik? (3) apa saja kelebihan dan kekurangan pembelajaran tematik? Permasalahan tersebut dibahas melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan metode reduksi serta dipaparkan dalam bentuk narasi.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran tematik yang dilaksanakan dimulai dengan perencanaan. Perencanaan tersebut meliputi menyiapkan RPP, menyiapkan penilaian, menyiapkan sumber belajar dan setting kelas. Pembelajaran tematik di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang subtema lingkungan sekolahku terdapat 6 pembelajaran. Penilaian mencakup penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. (2) Ada beberapa problematika yang dihadapi dalam pembelajaran tematik di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang diantaranya penilaian autentik dan keterbatasan waktu pembelajaran. Untuk mengatasi problematika penilaian autentik dengan cara guru melakukan koordinasi dengan guru mata pelajaran yang lain, sedangkan untuk mengatasi problematika keterbatasan waktu cara mengatasinya dengan guru selalu membatasi waktu kegiatan yang dilaksanakan oleh peserta didik.(3) Pembelajaran tematik berdasarkan Kurikulum 2013 memiliki kelebihan dan kekurangan, kelebihan pembelajaran tematik meliputi peserta didik lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, peserta didik lebih berani mengungkapkan pendapat, mempunyai sikap toleransi terhadap orang lain. Pembelajaran tematik juga memiliki kekurangan yaitu kurangnya pendalaman materi dikarenakan tema sudah ditentukan. Cara mengatasi kekurangan pembelajaran tematik tersebut dengan cara guru banyak melakukan latihan-latihan soal
Pembelajaran tematik kelas I yang dilaksanakan di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang sudah baik dan sesuai dengan kebijakan dan panduan dari Kemendikbud.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran tematik; Lingkungan sekolah; Kegiatan pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 04 Nov 2015 09:46 |
Last Modified: | 11 Dec 2021 03:12 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4593 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year