Implementasi penggunaan media variatif pada pembelajaran tematik tema pahlawanku kelas IV di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang

Tupakhah, Aan (2015) Implementasi penggunaan media variatif pada pembelajaran tematik tema pahlawanku kelas IV di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113911042.pdf]
Preview
Text
113911042.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi penggunaan media variatif pada pembelajaran tematik kelas IV di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang, meliputi pemanfaatan media variatif dan implementasinya dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana guru memanfaatkan media variatif pada pembelajaran tematik tema Pahlawanku kelas IV di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang? (2) Faktor apa yang menjadi hambatan dalam pemanfaatan media variatif pada pembelajaran tematik tema Pahlawanku kelas IV di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang dan bagaimana cara guru untuk mengatasi permasalahan tersebut? (3) Bagaimana implementasi penggunaan media variatif pada pembelajaran tematik tema Pahlawanku kelas IV di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang?.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menemukan bahwa: (1) Pemanfaatan media pembelajaran pada pembelajaran tematik kelas IV di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang sudah variatif. Dengan penggunaan media variatif pada pembelajaran tematik banyak keuntungan yang diperoleh yaitu a. peserta didik tidak cepat merasa jenuh dan cepat lupa terhadap materi pelajaran, b. Meningkatkan pemahaman peserta didik, c. Meningkatkan motivasi belajar peserta didik, d. Pencapaian kompetensi peserta didik baik. (2) Hambatan dalam pemanfaatan media variatif pada pembelajaran tematik kelas IV di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang ada dua yaitu hambatan dari peserta didik dan guru. (3) Implementasi penggunaan media varatif pada pembelajaran tematik kelas IV di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi 5 tahapan dalam belajar, yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, mengkomunikasikan.
Temuan tersebut memberikan acuan bagi lembaga pendidikan untuk lebih dapat meningkatkan kualitas dan kreativitas seorang guru dengan memperluas keilmuan tentang penggunaan media variatif sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien, serta dapat tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajarn; Pembelajaran tematik; Metode Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Nov 2015 09:19
Last Modified: 14 Dec 2021 10:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4598

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics