Analisis Faktor-Faktor Minat Nasabah dalam Memilih Asuransi Syariah (Studi pada Nasabah AJB Bumiputera 1912 Cabang Syariah Semarang)
Zulaechah, Titik (2012) Analisis Faktor-Faktor Minat Nasabah dalam Memilih Asuransi Syariah (Studi pada Nasabah AJB Bumiputera 1912 Cabang Syariah Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
072411080_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (851kB) | Preview
072411080_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (111kB) | Preview
072411080_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (133kB) | Preview
072411080_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (547kB) | Preview
072411080_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (55kB) | Preview
072411080_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (21kB) | Preview
072411080_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (16kB) | Preview
Abstract
Asuransi syariah hadir ditengah masyarakat ditujukan sebagai salah satu solusi kongkrit menyelesaikan permasalahan seluruh kalangan. Asuransi syariah terbuka bagi siapapun yang ingin merencanakan persiapan seseorang di masa depan bila sewaktu-waktu mengalami musibah/kerugian, disini asuransi dapat membantu kesulitan nasabah tersebut karena asuransi syariah berprinsip tolong-menolong. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul: Analisis Faktor-Faktor Minat Nasabah Dalam Memilih Asuransi Syariah (Studi Pada Nasabah AJB Bumiputera 1912 Cabang Syariah Semarang). Jenis penelitian ini dilihat dari objeknya termasuk penelitian lapangan atau field research yang dilakukan di AJB Bumiputera 1912 Cabang Syariah Semarang. Untuk menentukan jumlah responden penulis menggunakan populasi dan sampel. Untuk mendapatkan data yang akurat, penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu, dokumentasi, angket atau kuesioner dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini penulis menganalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan cara memecahkan masalah serta memberikan deskripsi yang berkaitan dengan objek penelitian. faktor menjadi minat nasabah memilih asuransi syariah diantaranya, 1. faktor emosional (faktor internal) terdiri dari: faktor Pelayanan, faktor religius stimuli (keagamaan), faktor profit sharing (bagi hasil), 2. faktor motif sosial (faktor eksternal) terdiri dari: faktor reputasi, faktor promosi, faktor lokasi.
Dari hasil analisis deskripsi diketahui bahwa faktor emosional (faktor internal) yang diajukan untuk setiap indikator pelayanan sebanyak 80 responden (87%), religius stimuli (keagamaan) sebanyak 81 responden (88%) , dan profit sharing (bagi hasil) sebanyak 84 responden (91,3%) yang mendorong nasabah memilih asuransi syariah. Hal tersebut menunjukkan antusias nasabah yang cukup besar terhadap asuransi syariah terutama di AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Syariah Semarang. Dengan kata lain, ketiga indikator tersebut memang dapat dijadikan alasan utama nasabah untuk memilih asuransi syariah AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Syariah Semarang dalam menginvestasikan dana untuk masa depan nasabah itu sendiri. Hal yang serupa mengenai faktor motif sosial (faktor eksternal). Setiap indikator faktor motif sosial (faktor eksternal) baik indikator reputasi sebanyak 82 responden (89,1%), promosi sebanyak 81 responden (88%) maupun lokasi sebanyak 80 responden (87%) memiliki peranan yang tinggi dalam menunjang minat nasabah AJB Bumiputera 1912 Cabang Syariah Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Nasabah; Asuransi Syariah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics 300 Social sciences > 360 Social services; association > 368 Insurance |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam |
Depositing User: | Muhammad Qomarudin |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 04:33 |
Last Modified: | 04 Dec 2013 04:33 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/460 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year