Penerapan metode hiwar dalam pembelajaran untuk meningkatkan keberhasilan belajar bahasa Arab materi Istima’ tentang fil baiti siswa kelas V MI Nashriyah Sumberejo Mranggen Demak tahun pelajaran 2014/2015

Amarodin, Amarodin (2015) Penerapan metode hiwar dalam pembelajaran untuk meningkatkan keberhasilan belajar bahasa Arab materi Istima’ tentang fil baiti siswa kelas V MI Nashriyah Sumberejo Mranggen Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113911132.pdf]
Preview
Text
113911132.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan peningkatan kualitas pengelolaan proses pembelajaran Bahasa Arab di madrasah ibtidaiyah sebagai respon dari hasil belajar siswa madrasah ibtidaiyah terhadap mata pelajaran Bahasa Arab yang masih rendah.

Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus dengan subyek penelitian 30 siswa yang terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan, serta dengan sifat PTK dilakukan secara mandiri yang artinya peneliti melakukan PTK tanpa kerjasama dengan guru lain di MI Nashriyyah Sumberejo Mranggen Demak.

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan dan memperbaiki keberhasilan pembelajaran Bahasa Arab materi istima’ tentang fil baiti siswa Kelas V MI Nashriyyah Sumberejo Mranggen Demak 2014/2015.

Hasil penelitian adalah Pada pra siklus rata-rata hasil belajar 69.77, pada siklus I meningkat menjadi 72.27dan pada siklus II bertambah meningkat menjadi 79,10. Demikian pula persentase ketuntasan belajar dari pra siklus 40%, pada siklus I meningkat menjadi 66,67 % dan pada siklus II bertambah meningkat menjadi 93,33 %. Sehingga tidak perlu melanjutkan pada siklus berikutnya dikarenakan KKM dan persentase ketuntasan telah tercapai.
Penelitian tindakan kelas ini menyimpulkan bahwa Keberhasilan Belajar dapat ditingkatkan melalui Penerapan Metode Hiwar dalam Pembelajaran Bahasa Arab materi istima’ tentang fil baiti bagi siswa Kelas V MI Nashriyyah Sumberejo Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing:H. Mursid, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Bahasa arab; Istima’; Metode Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Dec 2015 08:59
Last Modified: 03 Dec 2015 08:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4608

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics