Penerapan metode inquiry dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada tema selalu berhemat energi di kelas IV MI NU 40 Bangunrejo Patebon Kendal tahun pelajaran 2014/2015

Romli, Mukhamad (2015) Penerapan metode inquiry dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada tema selalu berhemat energi di kelas IV MI NU 40 Bangunrejo Patebon Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113911140.pdf]
Preview
Text
113911140.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan rumusan masalah: Sejauh mana penerapan metode inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada tema selalu berhemat energi kelas IV di MI NU 40 Bangunrejo Patebon Kendal tahun pelajaran 2014-2015 ?
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), termasuk penelitian deskriptif dan guru secara penuh terlibat dalam penelitian mulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Subjek penelitian sebanyak 15 siswa, Teknik pengumpulan data dalam penulisan laporan PTK adalah observasi dan tes tertulis siswa kelas IV MI NU 40 Bangunrejo.
hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada tema selalu berhemat energy kelas IV MI NU 40 Bangunrejo Patebon Kendal Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan indikator hasil belajar siswa sebagai berikut : Berdasarkan hasil ketuntasan belajar pada pra siklus 4 siswa atau 26,7 % siswa yang tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 8 siswa atau 53,3 % siswa yang tuntas. Pada siklus II tingkat ketuntasan siswa yaitu 13 siswa 86,6 %. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dari pra silklus sampai pada siklus II mengalami peningkatan bertahap dilihat dari nilai individual siswa maupun nilai rata-rata kelasnya.
Berdasarkan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan pada penelitian ini bahwa secara individual mencapai nilai yang ditetapkan dalam KKM minimal 70, dan secara klasikal minimal 75 %, maka penelitian ini telah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan tersebut dan kategori keaktifan peserta didik adalah baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Metode Inquiry; Hemat energi; Prestasi belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Dec 2015 09:00
Last Modified: 13 Dec 2021 10:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4609

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics