Peningkatan hasil belajar IPA pada materi pertumbuhan hewan dan tumbuhan dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas III MI Tawang Semarang Barat tahun pelajaran 2014/2015
Nasichin, Nasichin (2015) Peningkatan hasil belajar IPA pada materi pertumbuhan hewan dan tumbuhan dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas III MI Tawang Semarang Barat tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113911162.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa yang masih jauh dari ideal. Hal ini bisa dilihat dari hasil belajar nilai ketuntasan belajar IPA dengan KKM 70 tahun pelajaran 2014/2015 hanya berkisar 30% dari seluruh jumlah siswa kelas III MI Tawang Semarang Barat yang tuntas, seharusnya KKM yang diperoleh oleh siswa adalah 70% - 80% dari jumlah seluruh siswa. Salah satu usaha untuk mengatasi keadaan demikian ialah penggunaan media secara terintegrasi dalam proses belajar mengajar
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Apakah hasil belajar IPA pada materi pokok pertumbuhan hewan dan tumbuhan dapat ditingkatkan dengan penerapan media audio visual Pada Siswa Kelas III MI Tawang Semarang Barat Tahun Pelajaran 2014/ 2015 ?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan per siklus.
Kajian ini menunjukkan bahwa Hasil belajar IPA siswa kelas III MI Tawang Semarang Barat pada materi pokok pertumbuhan hewan dan tumbuhan setelah menerapkan media audio visual pada Tahun Pelajaran 2014/ 2015 terjadi peningkatan tiap siklusnya dimana pada pra siklus ada 9 siswa atau 30%, naik menjadi 18 siswa atau 60% pada siklus I, dan ada 25 siswa atau 83% pada siklus II. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan KKM 70 sebanyak 80% dari jumlah siswa sudah tercapai. Begitu juga pada keaktifan belajar siswa pada siklus I ada 16 siswa atau 53%, naik menjadi 27 siswa atau 90% pada siklus II. Ini menunjukkan bahwa siswa sudah aktif dalam pembelajaran.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada guru, siswa, orang tua siswa, madrasah dan peneliti yang lain bahwa penggunaan media audio visual pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Hasil belajar; Pertumbuhan hewan dan tumbuhan; IPA |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 27 Nov 2015 00:05 |
Last Modified: | 11 Dec 2021 03:37 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4612 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year