Penerapan Metode Pembelajaran Poster Session pada Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Sifat-sifat Bangun Datar dan Bangun Ruang Semester II Kelas V di MIT Nurul Islam Ringinwok Ngaliyan Semarang 2011/2012
Iswati, Iswati (2012) Penerapan Metode Pembelajaran Poster Session pada Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Sifat-sifat Bangun Datar dan Bangun Ruang Semester II Kelas V di MIT Nurul Islam Ringinwok Ngaliyan Semarang 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083911032_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (685kB) | Preview
083911032_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (58kB) | Preview
083911032_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (663kB) | Preview
083911032_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (54kB) | Preview
083911032_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (151kB) | Preview
083911032_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (17kB) | Preview
083911032_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (19kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas V MIT Nurul Islam Ringinwok Ngaliyan Semarang pada mata pelajaran matematika. 2) Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik semester II kelas V di MIT Nurul Islam Ringinwok Ngaliyan Semarang pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penerapannya melalui 2 Siklus, yaitu siklus I dan II, dan setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.
Adapun KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang ditentukan dari pihak sekolah yaitu 6,0, Hasil penelitian Pada pra siklus, peneliti mendapatkan data aktivitas maupun hasil belajar peserta didik dalam hal ini nilai ulangan sub materi sifat-sifat bangun datar. Aktivitas peserta didik sebanyak 55,92%, dan nilai rata-ratanya 48,08 dengan 35% peserta didik yang tuntas dan selebihnya peserta didik yang tidak tuntas.
Pada siklus I didapatkan data aktivitas peserta didik 70,88% dan hasil belajar yang didapati dari nilai rata-rata kelas yaitu 66,80 dengan 69,20% peserta didik yang tuntas. Pada siklus II didapat data aktivitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran sebanyak 90,02% dan hasil belajar yang didapati dari nilai rata-rata kelas yaitu 84,23 dengan 7,70% peserta didik yang tuntas. dari ketiga tersebut (pra siklus, siklus I, dan siklus II) mengalami peningkatan, baik hasil belajar maupun aktivitas yang dilakukan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan metode pembelajaran poster session dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik kelas V MIT Nurul Islam Ringinwok Ngaliyan Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Poster Session; Matematika; Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 04:43 |
Last Modified: | 04 Dec 2013 04:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/466 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year