Manajemen pembelajaran beyond centers and circle time dalam mengembangkan multiple intellegences anak (studi kasus di TK Islam Terpadu Harapan Bunda Semarang)

Rohmawati, Siti (2015) Manajemen pembelajaran beyond centers and circle time dalam mengembangkan multiple intellegences anak (studi kasus di TK Islam Terpadu Harapan Bunda Semarang). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113311006.pdf]
Preview
Text
113311006.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pendidikan anak usia dini memiliki peran sangat penting dalam pengembangan sumber daya manusia. Penyelenggaraan pendidikan anak usia dini memerlukan pendekatan yang tepat agar dapat mengoptimalkan seluruh potensi yang dimiliki anak, terutama dalam melejitkan potensi kecerdasan anak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh suatu gambaran tentang manajemen pembelajaran yang berupa penyusunan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran beyond centers and circle time dalam upaya mengembangkan multiple intelligences anak di TK Islam Terpadu Harapan Bunda Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan guru kelas/guru sentra. Untuk keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data dilakukan dengan cara: reduksi data, display dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran disusun dalam rapat kerja (raker) pada awal tahun ajaran baru berupa program tahunan, semester, dan mingguan yang kemudian dijabarkan secara rinci dalam Rencana Kegiatan Harian (RKH) yang dibuat setiap hari oleh guru. 2) Pelaksanaan pembelajaran berpusat di sentra-sentra main dan saat anak duduk dalam lingkaran dengan menggunakan pijakan. Ada empat jenis pijakan untuk mendukung perkembangan anak yaitu (a) pijakan lingkungan main, (b) pijakan sebelum main, (c) pijakan selama main, (d) pijakan setelah main. 3) Evaluasi pembelajaran beyond center and circle time dilakukan sejak anak datang ke sekolah sampai pulang yang berupa penilaian terhadap aspek-aspek perkembangan anak yaitu nilai-nilai agama dan moral, motorik, kognitif, bahasa dan sosial emosional serta berbagai macam multiple intelligences anak yang meliputi kecerdasan logis matematis, linguistik, visual spasial, interpersonal, intrapersonal, musikal, kinestetis, naturalis, spiritual, dan eksistensial . Sedangkan supervisi meliputi supervisi untuk guru dan supervisi untuk siswa.
Dari hasil analisis akhir diperoleh kesimpulan bahwa proses pembelajaran beyond centers and circle time dalam mengembangkan multiple intelligences yang meliputi tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengawasan pembelajaran mengandung beberapa kecerdasan majemuk yang memang harus diajarkan dan dikembangkan kepada peserta didik melalui belajar sambil bermain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbin: Dr. Musthofa M. Ag.; Ismail SM, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen pembelajaran; Multiple Intellegences; Metode pembelajaran; Pendidikan anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Nov 2015 06:11
Last Modified: 24 Nov 2015 06:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4701

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics