Peningkatan prestasi belajar IPA dengan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pokok bahasan perkembangbiakan tumbuhan pada siswa kelas VI semester 1 MI Manbaul Ulum Pulodarat Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2014/2015

Rif'an, Nor (2015) Peningkatan prestasi belajar IPA dengan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pokok bahasan perkembangbiakan tumbuhan pada siswa kelas VI semester 1 MI Manbaul Ulum Pulodarat Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113911150.pdf]
Preview
Text
113911150.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang masih didominasi oleh guru dengan metode ceramah yang monoton tidak melatih siswa untuk belajar secara aktif dan kreatif. Salah satu solusi untuk meningkatan prestasi belajar IPA adalah digunakan model pembelajaran CLIS (Children Learning in Science). Penggunaan model pembelajaran CLIS memberikan keterampilan berpikir ilmiah siswa untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VI MI Manbaul Ulum Pulodarat Pecangaan Jepara.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan dan hasil peningkatan prestasi belajar IPA dengan model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pokok bahasan perkembangbiakan tumbuhan pada siswa kelas VI semester 1 MI Manbaul Ulum Pulodarat Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk siswa kelas VI MI Manbaul Ulum Pulodarat Pecangaan Jepara melalui dua siklus. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunkan tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Data-data yang didapatkan dianalisis menggunakan statistik deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian terlihat berhasil dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal pada tahap pra siklus sebesar 33% meningkat menjadi 67% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 100 %.
Penggunaan model pembelajaran CLIS dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pada pokok bahasan perkembangbiakan tumbuhan pada siswa kelas VI semester 1 MI Manbaul Ulum Pulodarat Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengalami peningkatan signifikan. Pada tahap pra siklus sebesar 57 meningkat menjadi 73 pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 83. Berarti target yang telah ditetapkan peneliti yaitu standar ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai ≥ 90% dan secara individual nilai rata-rata yang diperoleh siswa ≥ 65 telah tercapai.
Selain itu, aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan dengan penggunaan model pembelajaran CLIS. Model pembelajaran ini memudahkan guru untuk meningkatkan keaktifan dan kreatifitas siswa melalui percobaan atau praktik. Guru pun mudah memantau aktivitas siswa sehingga tingkat kesukaran dan permasalahan yang dihadapai oleh siswa dapat diketahui dan dicarikan solusi. Adapun peningkatan aktivitas siswa ini terlihat pada pra siklus yang awalnya sebesar 50% meningkat menjadi 75% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 85%. Oleh karena itu target prosentase aktivitas siswa ≥ 80% berarti telah tercapai.
Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti membutikan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar IPA oleh siswa melalui model pembelajaran CLIS. Peningkatan prestasi belajar IPA ini dapat diketahui dari peningkatan nilai rata-rata siswa, prosentase ketuntasan belajar siswa dan aktivitas belajar siswa.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada guru, siswa, orang tua siswa, madrasah dan peneliti yang lain bahwa penggunaan model pembelajaran CLIS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Fihris, M. Ag.; Drs. Abdul Wakhid, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; Model pembelajaran; Children Learning In Science; Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Nov 2015 06:20
Last Modified: 24 Nov 2015 06:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4705

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics