Peningkatan hasil belajar siswa menulis cerita rekaan melalui metode picture and picture pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III semester I di MI Islamiyah Amongrogo Limpung Batang tahun pelajaran 2014/2015

Munasifah, Munasifah (2015) Peningkatan hasil belajar siswa menulis cerita rekaan melalui metode picture and picture pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III semester I di MI Islamiyah Amongrogo Limpung Batang tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113911187.pdf]
Preview
Text
113911187.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat ketuntasan nilai siswa kelas III di MI Islamiyah Amongrogo Kecamatan Limpung Kabupaten Batang dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dari permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah melalui penerapan metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis cerita rekaan di kelas III semester I di MI Islamiyah Amongrogo Kecamatan Limpung Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2014/2015 ?.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di MI Islamiyah Amongrogo kecamatan Limpung Kabupaten Batang, dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adpun data yang dikumpulkan melalui metode obsevasi, dokumentasi tertulis dan foto kegiatan pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan metode pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu metode picture and picture.
Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus dan diawali dengan pra siklus guna menganalisis metode apa yang tepat digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi cerita rekaan. Dengan subyek penelitian 17 siswa, kelas III MI Islamiyah Amongrogo Limpung Batang.
Penelitian tindakan kenunjukkan: analisis data dari pra siklus,siklus I, siklus II melalui metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis cerita rekaan pada siswa kelas III, MI Islamiyah Amongrogo Limpung Batang Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 71,9 yakni diatas KKM 65.
Kesimpulan ini diperkuat dengan ketuntasan hasil belajar siswa dalam bentuk persentase dari pra siklus sebelum diterapkannya metode picture and picture sebesar 47%. Hal ini menunjukkan masih terdapat 53% yang belum tuntas memenuhi standar KKM. Sedangkan pasca penerapan metode picture and picture pada siklus I sebesar 64% dengan nilai rata-rata 69,7% dan siklus II sebesar 88% dengan nilai rata-rata74,1. Dimana terjadi peningkatan dari masing-masing siklus, karena rentang ketuntasan hasil belajar antara pra siklus ke siklus I ialah 11%, pada siklus I ke siklus II yakni 23%. Dengan rata-rata dari kedua siklus adalah 71,9 yang berarti hasil belajar siswa telah memenuhi dan diatas KKM 65.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Ismail SM, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Indonesia; Metode pembelajaran; Hasil belajar; Menulis cerita
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 Nov 2015 06:06
Last Modified: 25 Nov 2015 06:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4706

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics