Efektivitas model pembelajaran investigasi kelompok berbantuan alat peraga terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik materi Deret Aritmetika kelas X di MA Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara tahun pelajaran 2014/2015

Herawati, Yohana (2015) Efektivitas model pembelajaran investigasi kelompok berbantuan alat peraga terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik materi Deret Aritmetika kelas X di MA Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_113511067_Yohana_Herawati]
Preview
Text (SKRIPSI_113511067_Yohana_Herawati)
113511067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas efektivitas model pembelajaran Investigasi Kelompok berbantuan alat peraga pada materi deret aritmetika terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas X MA Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan peserta didik dan pemahaman konsep yang dikarenakan proses pembelajaran yang masih dengan penjelasan dari Guru kemudian diberikan contoh soal selanjutnya langsung latihan soal. Pada materi deret aritmetika peserta didik masih sulit dalam memahami cara pengerjaan pertama yang harus dilakukan setelah membaca soal, karena kebanyakan soal deret aritmetika tersebut menggunakan soal cerita dan pengerjaannya tidak hanya satu langkah, maka peserta didik harus benar-benar paham akan konsep dari deret aritmetika. Kurangnya keaktifan dan pemahaman peserta didik berakibat pada rendahnya hasil belajar peserta didik yang rata-ratanya masih kurang dari KKM mata pelajaran matematika di sekolah yaitu 70. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah model pembelajaran Investigasi kelompok berbantuan alat peraga pada materi deret aritmetika efektif terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas X MA Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara? Permasalahan tersebut dilakukan melalui penelitian eksperimen yang berdesain “posttest-only control design”. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas X MA Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. Pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling. Terpilih kelas X IA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IS 1 sebagai kelas kontrol. Pada akhir pembelajaran kedua kelompok sama-sama diberi tes yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi, observasi dan tes. Berdasarkan analisis keaktifan dan hasil belajar dengan model pembelajaran Investigasi Kelompok berbantuan alat peraga terdapat peningkatan keaktifan dan rata-rata hasil belajar yaitu 74,79 dan 81,18. Sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Small Group Discussion adalah 62,44 dan 68,76. Data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Berdasarkan penelitian tentang keaktifan diperoleh dan nilai . Karena maka ditolak. Artinya rata-rata keaktifan peserta didik kelas X yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Investigasi kelompok berbantuan alat peraga lebih besar atau sama dengan keaktifan peserta didik kelas X dengan menggunakan model pembelajaran small group discussion. Pada penelitian tentang hasil belajar diperoleh , dan nilai . Karena maka ditolak. Artinya rata-rata hasil belajar peserta didik kelas X dengan menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok berbantuan alat peraga lebih besar atau sama dengan hasil belajar peserta didik kelas X dengan menggunakan model pembelajaran small group discussion. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol sehingga dapat dikatakan model pembelajaran investigasi kelompok berbantuan alat peraga lebih efektif daripada model pembelajaran small group discussion pada materi deret aritmetika di kelas X MA Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara tahun pelajaran 2014/2015, dan disarankan guru dapat terus mengembangkan teknik model pembelajaran investigasi kelompok dengan alat peraga serta menerapkan model pembelajaran investigasi kelompok dengan alat peraga pada materi yang lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Alat peraga; Hasil belajar; Aritmetika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 01 Dec 2015 08:29
Last Modified: 22 May 2021 06:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4738

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics