Hubungan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan penalaran dengan kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi lengkung peserta didik kelas IX MTs NU 24 Darul Ulum Pidodo Kulon Patebon Kendal

Nurfarikhin, Fuad (2010) Hubungan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan penalaran dengan kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi lengkung peserta didik kelas IX MTs NU 24 Darul Ulum Pidodo Kulon Patebon Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_063511031_Fuad_Nurfarikhin]
Preview
Text (SKRIPSI_063511031_Fuad_Nurfarikhin)
63511031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Ada tidaknya hubungan positif antara kemampuan pemahaman konsep (X1) dengan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pokok bangun ruang sisi lengkung (Y); 2) Ada tidaknya hubungan positif antara kemampuan penalaran (X2) dengan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pokok bangun ruang sisi lengkung; 3) Ada tidaknya hubungan positif antara kemampuan pemahaman konsep (X1) dan kemampuan penalaran (X2) secara bersama-sama dengan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pokok bangun ruang sisi lengkung (Y) peserta didik kelas IX MTs NU 24 Darul Ulum Pidodo Kulon Patebon Kendal.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi antara tiga variabel. Penelitian ini menggunakan metode korelasi product moment dan korelasi ganda. Subjek penelitian sebanyak 39 responden, menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen soal untuk menjaring data X1, X2 dan Y. Instrumen soal sebelum digunakan untuk mendapat data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas, reliabitas, tingkat kesukaran, daya pembeda.
Data penelitian terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskripsif. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada korelasi antara kemampuan pemahaman konsep dengan kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok bangun ruang sisi lengkung, ditunjukkan oleh koefisien korelasi ry1 = 0,597 pada taraf signifikan dan koefisien korelasi parsial 0,251. Hal ini menunjukkan ada korelasi positif antara kemampuan pemahaman konsep dengan kemampuan pemecahan masalah matematika materi pokok bangun ruang sisi lengkung sebesar 25,1%. (2) ada korelasi kemampuan penalaran dengan kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok bangun ruang sisi lengkung, ditunjukkan oleh koefisien korelasi pada taraf signifikan dan koefisien korelasi parsial 0,706. Hal ini menunjukkan ada korelasi positif antara kemampuan penalaran dengan kemampuan pemecahan masalah matematika materi pokok bangun ruang sisi lengkung sebesar 70,6%. (3) Ada korelasi positif antara kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan penalaran dengan kemampuan pemecahan masalah matematika materi pokok bangun ruang sisi lengkung, ditunjukkan oleh koefisien korelasi ganda pada taraf signifikan . Hal ini menunjukkan ada korelasi positif antara kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan penalaran dengan kemampuan pemecahan masalah matematika materi pokok bangun ruang sisi lengkung sebesar 82,3%.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi para sivitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa menguasai konsep dan mempunyai kemampuan penalaran yang baik sehingga dapat menyelesaikan soal-soal matematika yang termasuk kategori masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemahaman konsep; Kemampuan penalaran; Kemampuan pemecahan masalah; Bangun ruang; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jan 2016 08:37
Last Modified: 25 Jun 2021 08:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4873

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics