Upaya meningkatkan kemampuan membaca dan menulis mata pelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan media flashcard di kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 2 Jatisari Kebumen Tahun Ajaran 2012/2013
Septembara, Lukman (2013) Upaya meningkatkan kemampuan membaca dan menulis mata pelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan media flashcard di kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 2 Jatisari Kebumen Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
073911024_Coverdll.pdf - Cover Image
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (818kB) | Preview
073911024_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (29kB) | Preview
073911024_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (255kB) | Preview
073911024_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (48kB) | Preview
073911024_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (468kB) | Preview
073911024_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (15kB) | Preview
073911024_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (10kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangikemampuan membaca dan menulis menjadi sesuatu yang sangat sulit bagi siswa kelas 1 MI Ma’arif 2 JatisariKebumen. Evaluasi pembelajaran menulis yang dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober 2012 ternyata 75% siswa mendapat nilai kurang dari 70 dari jumlah siswa sebanyak 19 siswa. Banyak siswa yang bicara sendiri, ngantuk dan kurang antusias dalam bertanya. Salah satu media pembelajaran yang penuh dengan permainan yang mengarah pada keaktifan siswa yang bisa dilakukan guru Bahasa Indonesia adalah penggunaan media flashcard. Media flashcard dapat berupa kartu bergambar yang dibawahnya terdapat tulisan yang di desain dengan warna yang menarik sehingga hal ini akan menyenangkan anak, maka anak akan termotivasi untuk belajar
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimanakah langkah-langkah penggunaan media flashcard yang dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis pada siswa kelas 1MI Ma’arif 2 JatisariKebumen? 2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas 1 MI Ma’arif 2 JatisariKebumen dengan menggunakan media flashcard?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas 1 MI Ma’arif 2 Jatisari Kebumen dengan menggunakan media flashcard, terlihat kemampuan membaca siswa mengalami kenaikan setiap siklusnya yaitu pada prasiklus ada 8 siswa atau 42%, mengalami kenaikan pada siklus I yaitu 12 siswa atau 63% dan di akhir siklus II menjadi 17 siswa atau 89% yang tuntas. Begitu juga kemampuan menulis siswa mengalami kenaikan pada setiap siklusnya dimana pada prasiklus ketuntasannya mencapai 9 siswa atau 47% mengalami kenaikan pada siklus I ada 13 siswa atau 69%, dan pada siklus II mengalami kenaikan sebanyak 17 siswa atau 90%. Hasil tersebut ini sudah melampaui indikator yang ditetapkan yaitu 80%. Begitu juga keaktifan siswa terjadi kenaikan dimana pada siklus I ada 10 siswa atau 52% dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus II sudah mencapai siswa 16 siswa atau 86%. Hasil tersebut sudah mencapai indikator yang ditentukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca; Kemampuan Menulis; Bahasa Indonesia; Metode Flashcard |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education 400 Language > 407 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Farid Ma'ruf |
Date Deposited: | 05 Dec 2013 06:17 |
Last Modified: | 29 May 2021 08:03 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/501 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year