Manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini (studi di TK Islam Miftahul Jannah Semarang)
Choiriah, Mufidatun (2015) Manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini (studi di TK Islam Miftahul Jannah Semarang). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113311004.pdf - Accepted Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Dalam proses pendidikan perlu dilaksanakan manajemen kurikulum agar perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum berjalan dengan efektif, efisien, dan optimal dalam memberdayakan berbagai sumber belajar, pengalaman belajar, maupun komponen kurikulum.
Kajian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di TK Islam Miftahul Jannah Semarang? (2) Apa masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan manajemen kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di TK Islam Miftahul Jannah Semarang? Permasalahan terebut dibahas melalui studi deskripsi lapangan yang dilaksanakan di TK Islam Miftahul Jannah Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Tujuan penelitian kualitatif deskriptif dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan Manajemen Kurikulum PAUD di TK Islam Miftahul Jannah Semarang. Untuk memperoleh data yang valid, dalam penelitian ini diperlukan teknik pengumpulan data dengan menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan verifikasi terhadap data yang telah terkumpul. Verifikasi tersebut dilakukan dengan metode triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kurikulum di TK Islam Miftahul Jannah yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum telah berjalan dengan baik meskipun masih ditemui sedikit kendala antara lain adanya sulitnya memahami RKM untuk dijadikan RKH, kurangnya kreatifitas guru dalam pembelajaran, perlunya dukungan sarana yang memadai, dan menetapkan evaluasi. Perencanaan kurikulum dilakukan secara keseluruhan mulai dari pembuatan PROTA, PROMES, RKM dan RKH. Pelaksanaan kurikulum di TK Islam Miftahul Jannah tercermin pada kegiatan pembelajaran sehari-hari. Sedangkan untuk evaluasi, ada evaluasi terhadap siswa dan evaluasi terhadap guru.
Berdasarkan hasil penelitian ini, ada beberapa saran, yaitu: (1) bagi kepala sekolah, guru dan siswa hendaknya selalu berupaya untuk ikut serta dalam meningkatkan kualitas pendidikannya semaksimal mungkin.(2) bagi penelitian lanjutan, hendaknya hasil penelitian ini dijadikan sebagai tambahan reverensi dan diharapkan dapat dilakukan penelitian yang lebih baik dan sempurna tentang Manajemen Kurikulum PAUD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Fatah Syukur, M. Ag.; Ismail, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD); |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 24 Feb 2016 08:55 |
Last Modified: | 24 Feb 2016 08:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5051 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year