Pengaruh persepsi siswa oleh kedisiplinan guru terhadap minat siswa dalam belajar di kelas IV SD Islam Diponegoro Bandungrejo Mranggen Demak

Harnani, Ani (2012) Pengaruh persepsi siswa oleh kedisiplinan guru terhadap minat siswa dalam belajar di kelas IV SD Islam Diponegoro Bandungrejo Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 103111154_Coverdll.pdf]
Preview
Text
103111154_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of 103111154_Bab1.pdf]
Preview
Text
103111154_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 103111154_Bab2.pdf]
Preview
Text
103111154_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 103111154_Bab3.pdf]
Preview
Text
103111154_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 103111154_Bab4.pdf]
Preview
Text
103111154_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 103111154_Bab5.pdf]
Preview
Text
103111154_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of 103111154_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
103111154_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: 1) Mengetahui persepsi siswa tentang kedisiplinan guru SD Islam Diponegoro Bandungrejo Kec Mranggen Kab Demak. 2) Meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Islam Diponegoro 3) Adakah pengaruh kedisiplinan guru terhadap minat siswa dalam belajar di kelas IV SD Islam Diponegoro Bandungrejo Kec Mranggen Kab Demak .
Penelitian ini merupakan jenis penelitian populasi dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Islam Diponegoro Bandungrejo Kec Mranggen Kab Demak dengan jumlah siswa 30 anak. Fokus yang diteliti dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang kedisiplinan guru. Data pengaruh kedisiplinan guru dalam penelitian ini didapat dari nilai tes angket .Mayoritas guru yang berada pada kategori baik mencapai 47%. Sedangkan yang berada pada kategori cukup ada 43%. Dan yang berada pada kategori kurang hanya mencapai 10%. Sedangkan minat siswa dalam belajar didapat dari analisis, pada saat tes angket. Data yang telah didapat kemudian dianalisis menggunakan populasi untuk mengetahui minat siswa dalam belajar. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat dari minat siswa dalam belajar yang mencapai 47%, pada kategori sedang hanya mencapai 30% dan pada kategori rendah hanya mencapai 23%. penelitian ini dilakukan dalam 2 tahap. Pelaksanaan tahap pertama wawancara sedangkan tahap dua penilaian dengan cara angket yang sudah dirancang sebelumnya. Pengelolaan data dengan menggunakan analisa hipotesis. Hasil dari pengolahan data digunakan untuk menggambarkan pengaruh kedisiplinan guru terhadap minat siswa dalam belajar. Hal ini dibuktikan dengan, empiris lebih besar dari table harga kritik product moment, maka jelas bahwa hipotesis yang penulis ajukan yang berbunyi : “ Ada pengaruhnya kedisiplinan guru terhadap minat siswa dalam belajar” dapat diterima secara menyakinkan, baik pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1%.
Dari hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pelajar, para peneliti,peserta didik dan semua pihak yang membutuhkan dilingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN WalisongoSemarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Guru; Profesionalisme Guru; Minat belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Dec 2013 06:25
Last Modified: 29 Jun 2021 02:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics