Efektivitas metode pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar peserta didik pada materi aritmetika sosial kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Kaliwungu Kendal tahun pelajaran 2014/2015
Isnani, Aris Septian Rahmat (2015) Efektivitas metode pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar peserta didik pada materi aritmetika sosial kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Kaliwungu Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
113511003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas efektivitas metode pembelajaran role playing terhadap hasil belajar peserta didik pada materi aritmetika sosial kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Kaliwungu Kendal tahun pelajaran 2014/2015.
Kajiannya dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami peserta didik di SMP Muhammadiyah 3 Kaliwungu Kendal dalam materi aritmetika sosial. Kesulitan tersebut diantaranya adalah peserta didik tidak mampu memahami soal cerita, belum mampu mengidentifikasi isi soal dengan baik karena peserta didik masih belum mengerti tentang istilah-istilah penting seperti: untung, rugi, diskon, pajak, dan bunga tunggal. Kemampuan peserta didik pada mata pelajaran matematika juga rendah yang dibuktikan dari nilai rata-rata ulangan semester gasal tahun pelajaran 2014/2015 menunjukan 60,5 yang tidak mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 65. Selain itu peserta didik juga kurang aktif dalam pembelajaran, karena pembelajaran berpusat pada guru. Dengan metode role playing siswa yang dijadikan subjek pembelajaran. Kelebihan metode ini pada materi aritmetika sosial adalah mampu menjadikan situasi pembelajaran dapat dirubah dan dikondisikan seperti apa yang ada di kehidupan nyata dengan berbagai kegiatan interaksi sosial antara orang yang satu dengan orang yang lain dan juga fenomena- fenomena yang mampu menerangkan setiap bagian dari materi aritmetika sosial. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan: Apakah metode pembelajaran role playing efektif terhadap hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan pembelajaran yang biasa diterapkan oleh guru kelas VII pada materi pokok aritmetika sosial di SMP Muhammadiyah 3 Kaliwungu Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 3 Kaliwungu. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu: kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VIIB merupakan kelas eksperimen dan kelas VIIA adalah kelas kontrol. Kelas VIIB terdiri dari 31 peserta didik dan kelas VIIA terdiri dari 30 peserta didik. sebelum diambil sampel, terlebih dahulu populasi dari kelas VII diuji dahulu normalitas dan homogenitasnya.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 2 metode, yaitu: metode dokumentasi, dan metode tes. Metode dokumentasi merupakan metode yang digunakan untuk memperoleh daftar nama peserta didik dan hasil nilai ujian semester gasal yang digunakan untuk menghitung normalitas dan homogenitas masing-masing kelas. Selanjutnya metode tes yaitu metode yang digunakan untuk memperoleh data nilai post test hasil pembelajaran kelas yang menerapkan metode pembelajaran role playing dan juga untuk kelas yang menggunakan metode pembelajaran konvensional atau ceramah.
Saat penelitian berlangsung, metode ini sebenarnya memiliki kelemahan saat diterapkan dalam pembelajaran. Diantaranya adalah peneliti melihat sebagian anak yang tidak ikut bermain menjadi kurang aktif dan metode ini memerlukan waktu yang cukup lama. Agar hal tersebut tidak terjadi, diperlukan motivasi menyeluruh kepada seluruh siswa terutama bagi siswa yang tidak bermain agar selalu memperhatikan setiap momen yang dimainkan oleh temannya. Selain itu dipastikan naskah teks tidak terlalu panjang, kemudian kelompok yang bermain sudah menguasai peran yang akan dimainkan dan setting tempat sudah siap sebelum pembelajaran berlangsung, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk pembelajaran tidak terlalu banyak.
Dalam uji hipotesis, peneliti menggunakan uji t. Berdasarkan uji t dengan taraf signifikansi 5% thitung = 2,657 dan ttabel = t(0,95)(59) = 1,671. Karena thitung > ttabel , maka rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran role playing berbeda dan lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang biasa diterapkan oleh guru kelas. Berdasarkan data yang diperoleh dari rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 73,87 dan kelas kontrol = 67,50. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran role playing efektif terhadap hasil belajar belajar peserta didik pada materi aritmetika sosial kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Kaliwungu Kendal tahun pelajaran 2014/2015
Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi ataupun masukan bagi pendidik maupun calon pendidik bahwa penggunaan metode pembelajaran role playing efektif terhadap hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Role Playing; Hasil belajar; Aritmetika sosial |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 30 Mar 2016 01:41 |
Last Modified: | 22 May 2021 06:59 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5103 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year