Efektivitas model pembelajaran tipe Make a Match dengan pendekatan saintifik berbantuan alat peraga sudut pusat dan sudut keliling terhadap hasil belajar peserta didik pokok bahasan sudut pusat dan sudut keliling lingkaran kelas VIII MTs Nurul Ulum Mranggen Demak tahun pelajaran 2014/2015

Nadhiroh, Nadhiroh (2015) Efektivitas model pembelajaran tipe Make a Match dengan pendekatan saintifik berbantuan alat peraga sudut pusat dan sudut keliling terhadap hasil belajar peserta didik pokok bahasan sudut pusat dan sudut keliling lingkaran kelas VIII MTs Nurul Ulum Mranggen Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_113511022_Nadhiroh]
Preview
Text (SKRIPSI_113511022_Nadhiroh)
113511022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kajian skripsi ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami peserta didik di MTs Nurul Ulum Mranggen Demak dalam pokok bahasan sudut pusat dan sudut keliling lingkaran, yaitu peserta didik tidak paham konsep sudut pusat dan sudut keliling lingkaran serta hubungan antara kedua sudut tersebut. Selain itu, pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga peserta didik tidak aktif dalam pembelajaran. Hal ini menyebabkan nilai rata-rata peserta didik masih di bawah KKM yaitu 58,75. Padahal KKM yang ditetapkan oleh madrasah adalah 70.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah model pembelajaran tipe make a match dengan pendekatan saintifik berbantuan alat peraga sudut pusat dan sudut keliling efektif terhadap hasil belajar peserta didik pokok bahasan sudut pusat dan sudut keliling lingkaran kelas VIII MTs Nurul Ulum Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2014/2015?. Permasalahan ini dibahas melalui studi penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MTs Nurul Ulum Mranggen Demak. Dalam penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas VIIIB merupakan kelas kontrol dan kelas VIIIC merupakan kelas eksperimen. Kelas VIIIB terdiri dari 29 peserta didik dan kelas VIIIC terdiri dari 30 peserta didik. Sebelum diambil sampel, terlebih dahulu populasi dari kelas VIII di uji normalitas dan homogenitasnya.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan dengan metode dokumentasi, metode observasi, dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh daftar nama peserta didik serta nilai hasil belajar semester gasal yang akan digunakan untuk mengetahui kondisi awal kedua kelas melalui uji normalitas, uji homogenitas, serta uji kesamaan rata-rata. Sedangkan metode observasi digunakan untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran tipe make a match dengan pendekatan saintifik berbantuan alat peraga. Adapun metode tes digunakan untuk memperoleh data nilai post test hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata nilai tes akhir kelas kontrol = 65,52 dan kelas eksperimen = 72,27. Sedangkan berdasarkan uji t dengan taraf signifikansi 5 % diperoleh thitung = 2,890 dan ttabel = t(0,95) (57) = 1,672. Karena thitung > ttabel, maka rata-rata hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran tipe make a match dengan pendekatan saintifik berbatuan alat peraga berbeda dan lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran yang biasa diterapkan oleh guru kelas. Selain itu, hasil belajar kelas eksperimen juga mencapai KKM yang telah ditetapkan oleh madrasah, yaitu 70.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe make a match dengan pendekatan saintifik berbantuan alat peraga sudut pusat dan sudut keliling efektif terhadap hasil belajar peserta didik pokok bahasan sudut pusat dan sudut keliling lingkaran kelas VIII MTs Nurul Ulum Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Make a match; Pendekatan saintifik; Alat peraga; Hasil belajar; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 30 Mar 2016 01:50
Last Modified: 22 May 2021 07:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5108

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics