Studi komparasi hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran make a match dan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) pada materi pokok lingkaran kelas VIII SMP Negeri 01 Toroh tahun pelajaran 2014/2015

Supratiwi, Nur (2015) Studi komparasi hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran make a match dan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) pada materi pokok lingkaran kelas VIII SMP Negeri 01 Toroh tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_113511054_Nur_Supratiwi]
Preview
Text (SKRIPSI_113511054_Nur_Supratiwi)
113511054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Komparasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah membandingkan hasil belajar materi pokok lingkaran antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Make a Match dan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT). Sampel penelitian ini adalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran Make a Match dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT).
Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data nilai ulangan akhir semester gasal kelas VIII untuk analisis data awal sebelum mengambil sampel. Sedangkan metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar materi pokok lingkaran. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan uji statistik perbandingan rata-rata kelas yang menggunakan model pembelajaran Make a Match dan kelas yang menggunakan pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dengan uji t. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan uji t pengujian hipotesis selanjutnya adalah menggunakan uji dua pihak.
Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Make a Match pada pelajaran matematika materi pokok lingkaran kelas VIII di SMP Negeri 01 Toroh Grobogan diperoleh rata-rata kelas yaitu 68,80. Sedangkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) pada pelajaran matematika materi pokok lingkaran kelas VIII di SMP Negeri 01 Toroh Grobogan diperoleh rata-rata kelas yaitu 59,16
Dari kedua hasil belajar tersebut dilakukan uji perbandingan rata-rata pada tahap akhir dengan menggunakan uji t. Dengan taraf signifikansi a=5% dan diperoleh dan . Karena Maka H0 ditolak artinya peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Make a Match dan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) memiliki rata-rata yang tidak identik/berbeda. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Make a Match lebih baik dari hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Hasil belajar; Matematika; Lingkaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 30 Mar 2016 01:36
Last Modified: 22 May 2021 07:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5121

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics