Efektivitas penggunaan alat peraga puzzle sudut terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sudut dalam segitiga kelas VII di MTs Mafatihul Akhlaq Demangan Tahunan Jepara tahun ajaran 2014/2015

Anjari, Sintara Dewi (2015) Efektivitas penggunaan alat peraga puzzle sudut terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sudut dalam segitiga kelas VII di MTs Mafatihul Akhlaq Demangan Tahunan Jepara tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_113511072_Sintara_Dewi_Anjari]
Preview
Text (SKRIPSI_113511072_Sintara_Dewi_Anjari)
113511072.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas efektivitas alat peraga puzzle sudut pada materi sudut dalam segitiga hasil belajar peserta didik kelas VII Mts Mafatihul Akhlaq Demangan Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah alat peraga puzzle sudut pada materi sudut dalam segitiga efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di MTs Mafatihul Akhlaq Demangan Tahunan Jepara? Permasalahan tersebut dilakukan melalui penelitian eksperimen yang berdesain “posttest-only control design”. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini peserta didik kelas VII di MTs Mafatihul Akhlaq Demangan Tahunan Jepara. Penentuan kelas yang akan menjadi kelas eksperimen dan kontrol dilakukan dengan simple random sampling. Terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol Pada akhir pembelajaran kedua kelompok sama-sama diberi tes yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dan tes. Berdasarkan analisis hasil belajar dengan alat peraga puzzle sudut terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu 69,83 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 62,07. Data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Berdasarkan penelitian tentang hasil belajar diperoleh dan nilai . Karena maka ditolak. Artinya rata-rata hasil belajar peserta didik kelas VII A (kelas eksperimen) yang diajar dengan menggunakan alat peraga puzzle sudut lebih besar atau sama dengan VII tanpa menggunakan alat peraga puzzle sudut.. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol sehingga dapat dikatakan pembelajaran menggunakan alat peraga puzzle sudut lebih efektif daripada model pembelajaran tanpa menggunakan alat peraga puzzle sudut pada materi sudut dalam segitiga di kelas VII MTs Mafatihul Akhlaq Demangan Tahunan Jepara tahun pelajaran 2014/2015, dan disarankan guru dapat terus mengembangkan alat peraga lain yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Alat peraga; Media pembelajaran; Puzzle sudut; Hasil belajar; Matematika; Segitiga
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 28 Mar 2016 06:05
Last Modified: 22 May 2021 06:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5125

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics