Keefektifan pembelajaran Matematika dengan model cooperative learning tipe STAD terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII MTs Al Isro’ Mindahan Batealit Jepara tahun pelajaran 2014/2015
Wahyudi, Wahyudi (2015) Keefektifan pembelajaran Matematika dengan model cooperative learning tipe STAD terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII MTs Al Isro’ Mindahan Batealit Jepara tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
113511098 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model Cooperative Learning tipe STAD dalam meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa Kelas VIII MTs. Al-Isro’ Mindahan Batealit Tahun Pelajaran 2014/2015”.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan, dengan metode yang digunakan adalah cooperative learning. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas Kelas VIII MTs. Al-Isro’ Mindahan BatealitTahun Pelajaran 2014/2015, yang terdiri kelas VIII-A dengan jumlah peserta didik 35 dan kelas VIII-B dengan jumlah peserta didik 33. Jadi jumlah total populasi 68 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelompok kelas VIII-A sebanyak 35 peserta didik dengan convensional learning dan kelompok kelas VIII-B dengan STAD.
Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi dari nilai ulangan matematika (data awal) pada materi pokok sebelum persamaan linear dua variabel digunakan untuk uji keseimbangan. Sedangkan Metode tes digunakan untuk mendapatkan data nilai komunikasi matematik siswa pada materi ajar Sistem persamaan linear dua variabel dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik yang digunakan adalah tes yang berbentuk uraian. Teknik ini dilakukan setelah perlakuan diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas control dengan tujuan mendapat data akhir. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata kelas eksperimen (STAD) dan kelas kontrol (konvensional) dengan analisis uji t-test dua pihak.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: rata-rata hasil
belajar matematika menyelesaikan soal cerita pada materi pokok persamaan linear dua variabel siswa kelas eksperimen, VIII-B MTs Al Isro’ Mindahan Jepara dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah sebesar 80,45, sedangkan rata-rata hasil belajar matematika kelas kontrol VIII-A dengan model pembelajaran konvensional (teaching center) sebesar 75,71. Dari uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji t-test dihasilkan thitung sebesar 2,49. Setelah thitung dikonsultasikan dengan ttabel dengan dk = 35+33-2 =66 dan taraf signifikan (α) 5% diperoleh 1,99. Diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel , maka dapat disimpulkan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen (STAD) dan kelas kontrol (konvensional) berbeda secara nyata. Selain itu rata-rata hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih besar dibanding rata-rata hasil belajar dengan model pembelajaran konvensional, dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD Efektif baik apabila dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika untuk dapat meningkatkan kemampuan belajar dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran matematika penyelesaian soal cerita persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII MTs Al Isro’ Mindahan Batealit Jepara. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan memberikan pengalaman kepada pendidik untuk dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk materi pokok persamaan linear dua variabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; STAD; Soal cerita; Matematika; Persamaan Linear Dua Variabel |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 06:11 |
Last Modified: | 22 May 2021 07:30 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5128 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year