Implementasi model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi cahaya kelas VIII di MTs Roudhotut Tholibin Bungo Wedung Demak tahun ajaran 2014/2015

Mubarok, Labib (2015) Implementasi model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi cahaya kelas VIII di MTs Roudhotut Tholibin Bungo Wedung Demak tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113611067.pdf]
Preview
Text
113611067.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi nilai hasil ulangan harian pada pembelajaran IPA materi cahaya di kelas VIII di MTs Roudhotut Tholibin Bungo Wedung Demak dengan rata-rata yaitu 47% dari 38 siswa, hasil belajar yang hanya 47% tersebut dikarenakan proses pembelajaran yang monoton, metode yang digunakan guru masih bersifat konvesional. Dalam pembelajaran konvesional,peserta didik menerima pelajaran hanya dengan mendengarkan ceramah dari guru,
mencatat, dan mengerjakan tugas.Hal tersebut berlangsung secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama,sehingga menimbulkan perasaan bosan. Dibutuhkan pembelajaran yang menyenangkan dan mengaktifkan salah satunya dengan model pembelajaran kooperatif Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan,apakah ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi cahaya menggunakan model pembelajaran kooperatif di kelas VIII di MTs Roudhotut Tholibin Bungo Wedung Demak Tahun Ajaran 2014/2015?. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi cahaya dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif di kelas VIII di MTs Roudhotut Tholibin Bungo Wedung Demak Tahun Ajaran 2014/2015, hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar setiap siklusnya dimana pada pra siklus yakni 9 siswa atau 38%, mengalami kenaikan pada siklus I yakni 15 siswa atau 62%, dan pada siklus II mencapai 21 siswa atau 88%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Edi Daenuri, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 535 Light and related radiation
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 18 Mar 2016 07:24
Last Modified: 18 Mar 2016 07:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5134

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics