Problematika guru dalam menerapkan model pembelajaran tematik integratif tema benda, hewan, dan tanaman di sekitarku siswa kelas I SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang
Zakiyah, Hanifah Lutfiatuz (2015) Problematika guru dalam menerapkan model pembelajaran tematik integratif tema benda, hewan, dan tanaman di sekitarku siswa kelas I SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113911019.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas problematika guru dalam menerapkan model pembelajaran tematik integratif Tema Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran dengan Kurikulum 2013 dengan menerapkan model pembelajaran terpadu, sekolah harus didukung oleh kesiapan guru baik secara mental maupun fisik dan kemampuan yang optimal satu perangkat sarana prasarana yang memadai, selain itu dituntut adanya kreativitas dan inovasi guru. Sesuai dengan Permen No. 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru yang meliputi 4 aspek, yaitu aspek pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik integratif Tema Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang? (2) Apa problematika guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik integratif? (3) Faktor apa saja yang menyebabkan munculnya problematika guru dalam menerapkan model pembelajaran tematik integratif? (4) Apa solusi untuk menyelesaikan problematika guru dalam menerapkan model pembelajaran tematik integratif? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di kelas I SD. Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret problematika yang muncul sebagai solusi dalam mengatasi permasalahan dalam penerapan pembelajaran tematik integratif Tema Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku. Data diperoleh melalui observasi pertisipasif, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan deskriptif analisis dengan menggunakan metode reduksi, penyajian, dan verifikasi data.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran tematik integratif Tema Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang belum berjalan dengan maksimal. Hal tersebut erat kaitannya dengan kondisi guru kelas yang dituntut untuk menguasai semua aspek pembelajaran dari perencanaan, penerapan, dan penilaian. (2) Problematika guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik integratif Tema Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang yaitu, pertama, dari aspek perencanaan yang kurang maksimal, seperti persiapan RPP dan insrtumen penilaian. Kedua, aspek penerapan yaitu guru belum memahami model integratif dengan baik dan belum menerapkan pendekatan saitifik secara runtut. Disamping itu, area sekolah yang tidak memiliki kebun sekolah sehingga menimbulkan problem bagi guru dalam upaya penyelenggaraan media sekonkrit mungkin bagi siswa. Ketiga, dari aspek penilaian, yakni guru harus menilai sikap setiap siswa di kelas dan menginput nilai siswa dalam setiap KD karena yang dinilai guru bukan hanya pengetahuan siswa, tetapi juga sikap dan keterampilan siswa. (3) Faktor yang menyebabkan problematika guru, yaitu kurangnya motivasi pada guru, kurangnya pemahaman guru dalam terhadap Kurikulum 2013, kebiasaan guru yang menggunakan penilaian per mata pelajaran. (4) Solusi untuk menyelesaikan problematika guru dalam menerapkan model pembelajaran tematik integratif Tema Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang adalah perlu adanya wawasan yang luas dalam rangka menyelenggarakan Kurikulum 2013 dan senantiasa memperbarui sikap dan pengetahuannya, serta meng-upgrade pemahamannya. Temuan tersebut memberikan acuan bagi sistem pendidikan dalam penerapan Kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Tematik integratif; Sains untuk sekolah dasar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 23 Mar 2016 00:43 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 10:25 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5188 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year