Efektivitas penggunaan metode Questions Student Have (QSH) dan media kartu pecahan terhadap hasil belajar siswa materi pecahan kelas III MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu Kendal tahun pelajaran 2014/2015
Sudarti, Ika Ari (2015) Efektivitas penggunaan metode Questions Student Have (QSH) dan media kartu pecahan terhadap hasil belajar siswa materi pecahan kelas III MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113911021.pdf - Accepted Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode questions student have (QSH) dan media kartu pecahan terhadap hasil belajar siswa materi pecahan (membandingkan pecahan) kelas III MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain “posttest only control group design”. Populasi penelitian ini adalah kelas III yang berjumlah 49 siswa terbagi dalam dua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sample. Dua kelompok sampel yaitu kelas IIIA sebagai kelompok eksperimen dan kelas IIIB sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dengan metode tes, metode observasi, dan metode dokumentasi. Dari metode dokumentasi didapat jumlah populasi siswa kelas III, nama-nama siswa dan nilai ulangan siswa. Teknik tes diberikan untuk mendapat data akhir hasil belajar siswa yang dijadikan bahan pengukuran dalam penelitian.
Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 79,76 dan kelas kontrol = 62,83. Hal ini berdasarkan perhitungan hasil penelitian yaitu diperoleh thitung = 6,698 sedangkan ttabel = 1,684 Karena maka ditolak. Kajian ini menunjukkan bahwa : rata-rata hasil belajar siswa materi pokok membandingkan pecahan yang diajar dengan metode questions student have dan media kartu pecahan lebih besar dari pada siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional (ceramah). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode questions student have dan media kartu pecahan efektif terhadap hasil belajar siswa materi membandingkan pecahan pada kelas III MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu Kendal dari pada metode pembelajaran konvensional (ceramah).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Questions Student Have (QSH); Hasil belajar; Pecahan; Matematika untuk sekolah dasar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 23 Mar 2016 00:44 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 10:50 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5189 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year