Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Eexplaining (SFAE) untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi alat pencernaan makanan pada manusia kelas V di MIN Brakas Kec Dempet Kab Demak tahun pelajaran 2015/2016
Sifa, Lilik Laiyinatus (2015) Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Eexplaining (SFAE) untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi alat pencernaan makanan pada manusia kelas V di MIN Brakas Kec Dempet Kab Demak tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113911023.pdf - Accepted Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V MIN Brakas pada materi alat pencernaan makanan pada manusia. Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan pada pembelajaran sebelum diadakan penelitian, guru kelas V hanya menggunakan model pembelajaran ceramah dalam menyampaikan materi. Hasil belajar siswa masih dibawah kriteria ketuntasan minimal, yaitu 50. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi alat pencernaan makanan pada manusia dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) kelas V di MIN Brakas Kec. Dempet –Kab. Demak Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata belajar peserta didik 53,5. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan nilai rata-rata peserta didik mengalami peningkatan 63,7. Sedangkan pada sikllus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan nilai rata-rata belajar mengalami peningkatan yaitu 70,5. Dari dua tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajan Student Facilitator and Explaining (SFAE).
Saran kepada Guru Mapel IPA hendaknya meningkatkan kemampuan materi alat pencernaan makanan pada manusia dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining (SFAE) secara berkala dan terus menerus dan hendaknya proses pembelajaran dirancang oleh guru sedemikian rupa sehingga peserta didik dapat perpartisipasi aktif baik secara fisik ataupun spikis dan mengalami kegiatan belaja mengajar langsung, sehingga pengetahuan yang dicapai tidak hanya secara teori saja dengan mendengarkan informasi. Saran kepada Pihak Sekolah hendaknya mendukung dalam tiap kegiatan pembelajaran yang berlangsung dan memfasilitasi proses pembelajaran dengan melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Saran kepada Peserta didik agar lebih rajin dalam belajar dan respon terhadap pembelajaran yang dilakukan, dan meningkatkan motivasi belajar agar mendapat hasil yang baik dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkana model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V di MIN Brakas Kecamatan Dempet-Kabupaten Demak tahun Pelajaran 2015/2016 pada materi alat pencernaan makanan pada manusia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Hamdan Hadi Kusuma, M. Pd., M. Sc.; Hj. Tuti Qurrotul Aini, S. Ag., M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Student Facilitator and Eexplaining (SFAE); Alat pencernaan manusia; Sains untuk sekolah dasar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 23 Mar 2016 00:45 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 10:10 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5190 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year