Pengaruh metode RME (Realistic Mathematic Education) berbasis scientific approach terhadap hasil belajar siswa pada mapel matematika materi sifat bangun datar kelas III MI NU 05 Tamangede Kec. Gemuh Kab. Kendal

Ichwatun, Anti (2015) Pengaruh metode RME (Realistic Mathematic Education) berbasis scientific approach terhadap hasil belajar siswa pada mapel matematika materi sifat bangun datar kelas III MI NU 05 Tamangede Kec. Gemuh Kab. Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113911051.pdf]
Preview
Text
113911051.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh metode pembelajaran RME berbasis scientific approach pada materi sifat bangun datar sederhana pada kelas III. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi sifat bangun datar yang ditandai dengan kurang bisa menentukan atau seringnya terbolak-balik dalam menentukan sifat bangun datar dan kurangnya keaktifan dalam pembelajaran.
Skripsi ini memiliki tujuan, diantaranya: untuk mengetahui pengaruh metode RME (Realistic Mathematic Education) berbasis scientific approach terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi sifat bangun datar kelas III MI NU 05 Tamangede Gemuh Kendal.
Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di MI NU 05 Tamangede Kec. Gemuh Kab. Kendal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 MI NU 05 Tamangede Kec. Gemuh Kab. Kendal, terdiri dari dua kelas yaitu kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes dan metode dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang akan menjawab permasalahan yang diangkat oleh peneliti, yaitu: apakah metode RME (Realistic Mathematic Education) berbasis scientific approach berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika materi sifat bangun datar kelas III MI NU 05 Tamangede Gemuh Kendal. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukkan dengan membandingkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Dapat dilihat dari perhitungan uji perbedaan rata–rata kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 3,918 dan ttabel = 1,68. Karena thitung > ttabel dengan dk 43 dan tingkat signifikansi 5%, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran metode RME berbasis scientific approach lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional.
Berdasarkan data yang ada, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran metode RME berbasis scientific approach sebesar 73,60 dan rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional sebesar 59,40. Dari penguji hipotesis dan nilai rata-rata kedua kelas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode RME berbasis scientific approach berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi sifat bangun datar sederhana kelas III MI NU 05 Tamangede Kec. Gemuh Kab. Kendal. Simpulan ini semoga dapat bermanfaat bagi guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan bermanfaat untuk siswa dalam kegiatan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; RME (Realistic Mathematic Education); Scientific Approach; Matematika untuk pendidikand dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 23 Mar 2016 00:57
Last Modified: 27 Nov 2021 05:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5197

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics