Penerapan metode poster session pada mata pelajaran IPA materi pokok bumi dan alam semesta untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester genap tahun ajaran 2014/2015 di SD Islam Al Khotimah Randusari Kecamatan Semarang Selatan
Fajri, Badrudin Nurul (2015) Penerapan metode poster session pada mata pelajaran IPA materi pokok bumi dan alam semesta untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester genap tahun ajaran 2014/2015 di SD Islam Al Khotimah Randusari Kecamatan Semarang Selatan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113911053.pdf - Accepted Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang bumi dan alam semesta di kelas V SD Islam Al Khotimah Semarang melalui penerapan metode poster session. Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu untuk memperbaiki proses pembelajaran dari teacher centered ke student centered melalui penerapan metode poster session. Dengan demikian, siswa akan terlibat aktif dalam proses pembelajaran
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana hasil belajar siswa dengan penerapan metode poster session pada mata pelajaran IPA materi pokok bumi dan alam semesta kelas V semester genap tahun ajaran 2014/2015 di SD Islam Al Khotimah Randusari Kecamatan Semarang Selatan? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan tahapan dari setiap siklusnya adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Data dalam penelitian ini diperoleh dari guru dan siswa melalui observasi, tes, dan wawancara. Berdasarkan data pra siklus diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 53,1, dengan ketuntasan klasikal 35% dan aktifitas siswa 19,3% setelah diterapkan metode poster session siklus I didapat data nilai rata-rata siswa 70 dengan ketuntasan klasikal 57,14% dan aktifitas siswa 62,86%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 95 dengan ketuntasan klasikal 92,86% dan aktifitas siswa menjadi 77,86%. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode poster session dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi pokok bumi dan alam semesta di SD Islam Al Khotimah Randusari Semarang Selatan tahun ajaran 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Poster session; Sains untuk pendidikan dasar; Hasil belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 23 Mar 2016 00:58 |
Last Modified: | 27 Nov 2021 03:40 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5199 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year