Pengaruh Pemasaran Jasa Pendidikan terhadap Citra Lembaga dalam Perspektif Masyarakat Pengguna di SMP Islam Al Azhar 14 Semarang

Luthfy, Humam Adib (2012) Pengaruh Pemasaran Jasa Pendidikan terhadap Citra Lembaga dalam Perspektif Masyarakat Pengguna di SMP Islam Al Azhar 14 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 053311141_Coverdll.pdf]
Preview
Text
053311141_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 053311141_Bab1.pdf]
Preview
Text
053311141_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 053311141_Bab2.pdf]
Preview
Text
053311141_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 053311141_Bab3.pdf]
Preview
Text
053311141_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 053311141_Bab4.pdf]
Preview
Text
053311141_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 053311141_Bab5.pdf]
Preview
Text
053311141_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 053311141_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
053311141_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) pemasaran jasa pendidikan di SMP Islam Al Azhar 14 Semarang 2) citra lembaga SMP Islam Al Azhar 14 Semarang 3) apakah ada pengaruh pemasaran jasa pendidikan terhadap citra lembaga dalam perspektif masyarakat pengguna di SMP Islam Al Azhar 14 Semarang tahun 2012.
Jenis penelitian ini dalam kategori penelitian kuantitatif lapangan dengan menggunakan metode survey, karena data diperoleh dari hasil pengamatan langsung di SMP Islam Al Azhar 14 Semarang. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah orang tua/wali murid dari siswa yang bersekolah di SMP Islam Al Azhar 14 Semarang. Pengambilan sampel berjumlah 30 orang dengan menggunakan sample random 10% dari 304 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket/kuesioner. Instrumen kuesioner sebelum digunakan untuk mendapatkan data yang obyektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul dari angket, kemudian data diolah dan dianalisis menggunakan metode korelasi dan teknik analisis regresi sederhana.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pemasaran jasa pendidikan (X) SMP Islam Al Azhar 14 Semarang termasuk dalam kategori “cukup baik” yaitu berada pada interval 56 – 58 dengan nilai rata-rata 58,034. Sedangkan kualitas citra lembaga (Y) dalam perspektif masyarakat pengguna SMP Islam Al Azhar 14 Semarang termasuk dalam kategori “cukup baik” yaitu berada pada interval 69 – 73 dengan nilai rata-rata 71,66. Adapun hasil analisanya secara keseluruhan menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara pemasaran jasa pendidikan terhadap citra lembaga. Hal ini ditunjukan dari nilai Freg sebesar 19,201. Berdasarkan hasil hitungan diperoleh bahwa Fhitung sebesar 19,201, sedang pada Ftabel untuk taraf signifikan 5% dan 1% sebesar 4,196 dan 7,636. Karena Fhitung lebih besar nilainya dari Ftabel, maka dapat disimpulkan pemasaran jasa pendidikan berpengaruh signifikan terhadap citra lembaga. Berdasarkan perhitungan ini, maka hipotesis nihil (H0) yang berbunyi: ”Tidak ada pengaruh tentang pemasaran jasa pendidikan terhadap citra lembaga dalam perspektif masyarakat pengguna di SMP Islam Al Azhar 14 Semarang” ditolak. Dan hipotesis kerja (H1) yang berbunyi: ”Ada pengaruh tentang pemasaran jasa pendidikan terhadap citra lembaga dalam perspektif masyarakat pengguna di SMP Islam Al Azhar 14 Semarang” diterima. Selanjutnya berdasarkan perhitungan R square yang telah dilakukan, diperoleh koefisien determinasi R = 0,4067. Hasil tersebut menunjukkan bahwa sumbangan efektif dari pemasaran jasa pendidikan terhadap citra lembaga dalam perspektif masyarakat pengguna di SMP Islam Al Azhar 14 Semarang adalah sebesar 40,67% dan sisanya sebesar 59,33% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang bukan menjadi fokus pembahasan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Jasa Pendidikan; Promosi Sekolah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Dec 2013 06:34
Last Modified: 05 Dec 2013 06:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/520

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics