Implementasi metode Think Pair and Share (TPS) pada pembelajaran IPA materi pokok cuaca siswa kelas I semester 2 di MI Tarbiyatul Islamiyah Lengkong Batangan Pati tahun ajaran 2014/2015
Nugroho, Trestyo Edy (2015) Implementasi metode Think Pair and Share (TPS) pada pembelajaran IPA materi pokok cuaca siswa kelas I semester 2 di MI Tarbiyatul Islamiyah Lengkong Batangan Pati tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113911074.pdf - Accepted Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang penerapan metode think pair and share dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan yang dilaksanakan di MI Tarbiyatul Islamiyah Lengkong Batangan Pati. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan “Bagaimana mengimplementasikan metode think pair and share pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) materi pokok cuaca siswa kelas I semester 2 di MI Tarbiyatul Islamiyah Lengkong Batangan Pati tahun ajaran 2014/2015 ?”.
Permasalahan tersebut dibahas melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data tersebut dianalisis dengan pendekatan analisis deskriptif dengan menggunakan metode triangulasi data yang bersifat induktif.
Kajian ini menunjukkan bahwa penerapan metode think pair and share yang digunakan dalam pembelajaran IPA materi pokok cuaca siswa kelas I semester 2 di MI Tarbiyatul Islamiyah Lengkong Batangan Pati berjalan dengan baik. Guru mampu membawakan pembelajaran dengan optimal sehingga siswa merasa senang dan nyaman saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini terbukti dengan nilai siswa yang di atas KKM serta peningkatan keaktifan pembelajaran dan sikap sosial siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Think Pair and Share (TPS); Sains untuk pendidikan dasar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 24 Mar 2016 08:28 |
Last Modified: | 11 Dec 2021 03:45 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5205 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year