Implementasi model experiential learning dalam pembelajaran IPA materi energi dan perubahannya siswa kelas IV MI Miftahus Shibyan Mijen Semarang
Maulana, M. Fahmi (2015) Implementasi model experiential learning dalam pembelajaran IPA materi energi dan perubahannya siswa kelas IV MI Miftahus Shibyan Mijen Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113911079.pdf - Accepted Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang penerapan model experiential learning dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) di MI Miftahus Shibyan Ngadirgo Mijen Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana penerapan model experiential learning dalam pembelajaran IPA materi energi dan perubahannya siswa kelas IV MI Miftahus Shibyan Mijen Semarang. (2) apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan model experiential learning dalam pembelajaran IPA materi energi dan perubahannya siswa kelas IV MI Miftahus Shibyan Mijen Semarang, permasalahan tersebut dibahas melalui pendekatan kualitatif deskriptif atas studi lapangan yang dilaksanakan di kelas IV MI Miftahus Shibyan, data diperoleh menggunakan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi. Semua data yang diperoleh dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model experiential learning merupakan sebuah model yang sangat cocok digunakan dalam pembelajaran IPA materi energi dan perubahannya karena model tersebut menggunakan pengalaman peserta didik yang akhirnya dapat mempermudah pemahaman materi serta mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran. Hal ini terbukti dengan hasil kerja peserta didik di atas KKM (kriteria ketuntasan minimal). Selain itu model experiential learning bukan hanya mengutamakan pengalaman peserta didik saja namun membuat pengalaman baru yang berkesan pada diri peserta didik dan menumbuhkan rasa percaya diri pada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; experiential learning; Sains untuk pendidikan dasar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 24 Mar 2016 08:30 |
Last Modified: | 11 Dec 2021 02:46 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5207 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year