Upaya meningkatkan kemampuan menulis surat untuk teman sebaya dengan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sidodadi Patean Kendal tahun pelajaran 2015/2016
Junariyah, Junariyah (2015) Upaya meningkatkan kemampuan menulis surat untuk teman sebaya dengan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sidodadi Patean Kendal tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
123911137.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh cara mengajar guru yang masih menggunakan cara-cara tradisional, yaitu guru menyampaikan pelajaran, siswa mendengarkan atau mencatat. Penggunaan cara mengajar yang masih tradisional itu, membuat hasil menulis surat pribadi siswa masih belum sesuai dengan kompetensi yang diharapkan.
Dari latar belakang tersebut, penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis surat untuk teman sebaya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sidodadi Patean Kendal. Untuk itu metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Contextual Teaching And Learning (CTL). Untuk menindaklanjuti masalah di atas jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini metode pengumpulan datanya menggunakan :observasi, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi.
Dari data yang diperoleh dengan cara observasi keaktifan siswa, tes menulis surat pribadi, wawancara, dan dokumentasi, yang dilakukan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahapan : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian menunjukkan bahwa : (1) metode contextual teaching and learning (CTL) terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas IV MI Negeri Sidodadi dibandingkan dengan sebelum menggunakan motode contextual teaching and learning (CTL). Hal ini ditunjukkan dengan indikator peningkatan kemampuan menulis siswa dari 43% menjadi 86%. Peningkatan tersebut tidak semata –mata peran guru saja, melainkan kerjasama yang baik antara guru, siswa, dan kolaborator. (2) meningkatnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran menulis surat pribadi pada setiap pertemuan. Hal ini ditunjukkan dari hasil yang diperoleh pada kategori aktif dan aktif sekali meningkat dari siklus I 43% , pada siklus IIvmenjadi 86%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ketrampilan menulis; Metode pembelajaran; Contextual Teaching and Learning (CTL); Bahasa Indonesia untuk pendidikan dasar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 24 Mar 2016 08:40 |
Last Modified: | 27 Nov 2021 07:47 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5215 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year