Manajemen pola asuh dalam pengembangan karakter kemandirian anak usia dini di KB Islam Al Azhar 29 Semarang
Nugraheni, Wahyu (2015) Manajemen pola asuh dalam pengembangan karakter kemandirian anak usia dini di KB Islam Al Azhar 29 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113311020.pdf - Accepted Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas manajemen pola asuh dalam pengembangan karakter kemandirian anak usia dini di KB Islam Al Azhar 29 Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh degradasi moral sehingga banyak penyimpangan nilai yang terjadi di masyarakat. Dalam hal ini, pendidikan anak usia dini menjadi lembaga yang sangat efektif dalam pengembangan karakter kemandirian anak yang dilakukan melalui pola asuh pendidik yang sekaligus mengasuh anak. Kegiatan tersebut dilakukan saat proses pembelajaran di kelas maupun luar kelas. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perencanaan pola asuh dalam pengembangan karakter kemandirian anak usia dini di KB Islam Al Azhar 29 Semarang; (2) Bagaimana pelaksanaan pola asuh dalam pengembangan karakter kemandirian anak usia dini di KB Islam Al Azhar 29 Semarang; (3) Bagaimana evaluasi pola asuh dalam pengembangan karakter kemandirian anak usia dini di KB Islam Al Azhar 29 Semarang. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di KB Islam Al Azhar 29 Semarang. KB Islam Al Azhar 29 Semarang tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret implementasi pengelolaan pola asuh dalam pengembangan karakter kemandirian anak usia dini. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam hal perencanaan, seluruh guru dan staf KB Islam Al Azhar 29 Semarang mampu merencanakan tugasnya dengan baik, di antaranya: pertama, menyusun visi/tujuan program, menentukan pola asuh dan kegiatan sesuai dengan program tahunan dan program semester sehingga perencanaan tersebut dapat dicapai untuk mengembangkan karakter khususnya kemandirian anak. Adapun kemandirian yang diteliti yaitu kemandirian fisik dan sosial-emosional. (2) Dalam pelaksanaan, KB Islam Al Azhar 29 telah memuat nilai-nilai karakter kemandirian khususnya kemandirian fisik dan sosial-emosional. Sekolah ini menggunakan pola asuh demokratis dalam mengembangkan kemandirian anak, yang dituangkan dengan metode karyawisata (fieltrip), pembiasaan dan keteladanan. Metode tersebut sangat efektif dalam mengembangkan kemandirian anak. (3) Sedangkan evaluasi dilakukan melalui evaluasi kurikulum, evaluasi guru dan evaluasi murid. Evaluasi kurikulum dilakukan setiap satu semester sekali dan tiga bulan sekali. Evaluasi guru dilakukan setiap semester, setiap tiga bulan, dan setiap minggu. Evaluasi murid dilakukan setiap hari melalui pembiasaan dan pembelajaran yang dilaksanakan. Hasil evaluasi kemandirian murid diserahkan wali murid setiap satu semester sekali yang dilampirkan dalam Buku Laporan Perkembangan Murid. Evaluasi yang diterapkan sudah cukup maksimal untuk meningkatkan mutu lembaga pendidikan tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: H. Mursid, M. Ag.; Fatkhuroji, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pola asuh; Pengembangan karakter; Kemandirian; Pendidikan anak usia dini |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 07:59 |
Last Modified: | 08 Apr 2016 07:59 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5311 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year