Pengaruh penerapan metode kerja kelompok terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa inggris siswa kelas V MI Al-Hidayah Mangunharjo Tugu kota Semarang tahun 2013/2014

Yusuf, Ahmad (2014) Pengaruh penerapan metode kerja kelompok terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa inggris siswa kelas V MI Al-Hidayah Mangunharjo Tugu kota Semarang tahun 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 093911004.pdf]
Preview
Text
093911004.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan penerapan metode kerja kelompok mata pelajaran Bahasa inggris pada kelas V MI Al-Hidayah (2) untuk mendeskripsikan Hasil belajar mata pelajaran bahasa inggris siswa kelas V MI Al-Hidayah (3) untuk mengidentifikasi pengaruh penerapan metode kerja kelompok terhadap hasil belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas V MI Al-Hidayah.
Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan analisis regresi satu prediktor. Subyek penelitian sebanyak 27 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen quesioner dan observasi. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik satu prediktor. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi uji t. pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: ada pengaruh yang positif atau signifikan antara pengaruh penerapan metode kerja kelompok terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Inggris kelas V MI Al-Hidayah Mangunharjo Tugu Kota Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan : 1) penerapan metode kerja kelompok di MI Al-Hidayah Mangunharjo Tugu Kota Semarang dilihat dari hasil perhitungan rata-rata variabel penerapan metode kerja kelompok. Diketahui rata-rata nilai angket tentang penerapan metode kerja kelompok berada pada interval 58. Hal ini berarti bahwa penerapan metode kerja kelompok adalah “baik,” yaitu pada interval antara (53 59), dan hasil observasi pada kinerja guru dengan lembar pengamatan sangat baik dengan prosentase 79,6%. 2) Hasil belajar mata pelajaran bahasa inggris kelas V MI Al-Hidayah Mangunharjo Tugu Kota Semarang dilihat dari hasil perhitungan rata-rata hasil belajar mata pelajaran bahasa inggris kelas V MI Al-Hidayah Mangunharjo Tugu Kota Semarang diketahui intervalnya 68. Hal ini berarti bahwa Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas V MI Al-Hidayah Mangunharjo Tugu Semarang 2013/2014 “cukup”, yaitu pada interval 63 69. 3) Pengaruh Penerapan Metode Kerja Kelompok terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas V MI Al-Hidayah Mangunharjo Tugu Kota Semarang tahun 2013/2014 diketahui dari analisis uji hipotesis dengan rumus regresi satu prediktor. Dari analisis uji hipotesis diketahui, ada pengaruh positif penerapan metode kerja kelompok terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa inggris kelas V MI Al-Hidayah Mangunharjo Tugu Kota Semarang. Hal ini ditunjukkan dari nilai koefisien korelasi diketahui, bahwa rxy = 0,763 > rt(0,05) = 0,380 dan rt(0,01) = 0,486 dengan db-2 berarti signifikan dan hipotesis yang menyatakan ada pengaruh positif penerapan metode kerja kelompok terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Inggris Siswa kelas V MI Al-Hidayah Mangunharjo Tugu Kota Semarang tahun 2013/2014 “diterima”.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Siti Tarwiyah, Muhammad Nafi Annury
Uncontrolled Keywords: Kerja kelompok, pelajaran bahasa inggris, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 07 Apr 2016 01:57
Last Modified: 07 Apr 2016 01:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5320

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics